Daftar isi :
- Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
- 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
- Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
- 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
- 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
- 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
- Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
- 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
- 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
- Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
- Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
- Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
- Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini
- 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
- Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten
Sobat Shipper pasti sudah familiar dong, dengan metode Live TikTok untuk menambah pendapatan seseorang. Live TikTok saat ini menjadi salah satu trend bisnis online yang sedang naik daun, lho! Selain memberikan pengalaman belanja yang berbeda, personal, dan interaktif, Live TikTok juga membuat para penjual yang berjualan untuk meningkatkan penjualannya.
Perlu diingat, bahwa tidak semua akun jualan bisa melakukan Live TikTok. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah followers minimal 1.000, sudah berusia 16 tahun atau lebih, dan memakai aplikasi TikTok versi terbaru. Peraturan mengenai Live TikTok pun cukup ketat, dimana para pengguna yang melakukan live tidak boleh menampilkan hal menjijikan atau sensitif.
Nah, bagaimana kita sebagai pelaku bisnis dapat menambah cuan dari Live TikTok? Melalui Live TikTok, kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual secara langsung, sembari memberikan link katalog agar penonton bisa langsung membeli. Untuk memperbanyak orderan yang kamu dapat lewat Live TikTok, Shipper sudah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Yuk, simak artikelnya!
1. Gunakan set up kamera dan tempat memadai
→ Hal pertama yang harus Sobat Shipper lakukan adalah memastikan bahwa set up kamera dan tempat untuk melaksanakan live streaming sudah memadai.
→ Untuk mendukung kualitas video saat live, Sobat Shipper bisa mempersiapkan beberapa peralatan yang mendukung, seperti smartphone dengan kamera yang bersih, tripod untuk meletakkan smartphone agar live streaming stabil. Kamu juga bisa menambahkan lampu tambahan agar pencahayaan semakin baik.
→ Jangan lupa untuk berada di tempat yang tidak berisik dan dengan kondisi internet yang stabil juga ya, Sobat Shipper! Ini akan mendukung pelaksanaan live streaming kamu menjadi semakin maksimal.
→ Perlu diingat bahwa posisi produk yang hendak kamu promosikan lewat live streaming juga harus terlihat jelas dan tidak blur, dan mendapatkan proporsi paling banyak agar para penonton fokus kepada produk tersebut.
2. Pilih Topik Menarik untuk Dibicarakan
→ Langkah kedua dalam melaksanakan live streaming untuk memperbanyak orderan adalah memilih topik yang hendak dibicarakan.
→ Sebaiknya, kamu sudah mempersiapkan beberapa topik yang hendak kamu sampaikan di live, yang sesuai dengan produk yang toko kamu jual. Jangan memilih topik yang tidak selaras dengan toko dan brand kamu juga, ya!
→ Jangan lupa untuk menyampaikan poin-poin topik mengenai produk dengan ceria dan ramah, agar penonton merasa nyaman untuk tinggal dan memperhatikan live streaming yang sedang berlangsung.
→ Misalnya kamu menjual peralatan masak, kamu bisa memulai dari manfaat atau benefit yang pelanggan akan dapatkan jika menggunakan alat masak dari toko kamu, perbedaannya dengan alat masak toko lain, atau bahkan tips dan trik memasak menggunakan alat masak yang kamu promosikan.
3. Harga yang Lebih Murah dibanding Harga Normal
→ Setelah memastikan tempat dan kamera sudah lengkap dan topik yang ingin dibicarakan sudah jelas, Sobat Shipper juga sebaiknya tawarkan promo yang hanya berlaku ketika live streaming berlangsung.
→ Kamu dapat menaruh harga yang lebih murah dibanding harga normal, agar menarik perhatian penonton untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
→ Karena kamu menawarkan harga promo yang hanya dapat diperoleh melalui live streaming, ini secara tidak langsung akan meningkatkan keinginan penonton untuk membeli karena mereka merasa bahwa diuntungkan.
→ Misalnya kamu berjualan baju dengan harga normal Rp129,000, kamu bisa menurunkan harga menjadi Rp99,000 hanya ketika toko kamu sedang melaksanakan live streaming.
Baca Juga: Langkah Mudah Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Online
4. Durasi Jangan Terlalu Lama dan Tayang di Jam Prime
→ Dalam melakukan live streaming, durasi yang terlalu lama akan membuat para penonton bosan dan kehilangan minat.
→ Apabila penonton kehilangan minat, bosan, dan keluar dari live streaming toko kamu, kemungkinan kamu mendapatkan keuntungan lebih pun jadi menurun.
→ Sebaiknya, kamu bisa melakukan live streaming dengan durasi sekitar 30 hingga 90 menit, tergantung dengan jenis konten yang sedang kamu tampilkan dan jumlah interaksi yang terjadi. Jika interaksi sedang tinggi-tingginya, kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk merespon para penonton. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas konten kamu, ya!
→ Selain itu, lakukanlah live streaming di jam prime, seperti pukul 7 hingga 8 malam waktu setempat. Biasanya, jam prime terjadi di malam hari saat orang sedang bersantai dan mencari hiburan.
5. Memilih Host yang Ceria dan Terkenal
→ Memilih host yang ceria dan terkenal dapat memberikan positif dalam meningkatkan penjualan melalui live streaming TikTok. Host yang ceria dan terkenal dapat membantu menarik perhatian penonton dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
→ Beberapa pengaruh yang dapat diberikan dalam memilih host yang terkenal :
- Meningkatkan Kredibilitas : host yang terkenal memiliki kredibilitas yang lebih tinggi di mata penonton TikTok. Penonton cenderung lebih percaya dan terbuka terhadap produk yang dipromosikan oleh host terkenal dibandingkan host yang kurang dikenal, sehingga meningkatkan minat penonton untuk membeli produk kamu.
- Meningkatkan Jangkauan : host yang ceria dan terkenal biasanya memiliki penggemar yang banyak dan loyal. Dengan memilih host seperti itu untuk melakukan siaran live TikTok, kamu dapat menjangkau penggemar host tersebut secara langsung. Penggemar host dapat membantu mempromosikan produk yang kamu jual, sehingga memperluas jangkauan siaran live TikTok kamu.
6. Konsisten untuk Membangun Algoritma TikTok
→ Kunci lainnya agar orderan kamu banjir ketika melaksanakan live streaming adalah konsisten. Melakukan live streaming dengan konsisten dapat meningkatkan visibilitas konten kamu, sehingga toko kamu akan lebih mudah dicari oleh para pengguna.
→ Ini juga akan berdampak positif bagi penjualan produk kamu. Beberapa pengaruh positif yang mungkin terjadi jika kamu melakukan live streaming secara konsisten :
- Meningkatkan Visibilitas Konten : algoritma TikTok yang kompleks berpengaruh terhadap penentuan konten apa yang akan ditampilkan di laman For You Page pengguna. Ketika kamu melakukan live secara konsisten, kamu bisa membangun algoritma TikTok dan meningkatkan peluang konten Anda muncul di laman For You Page.
- Meningkatkan Keterlibatan Penonton : Ketika Sobat Shipper melakukan live TikTok secara konsisten, kamu akan memiliki peluang untuk membangun keterlibatan dengan penonton secara lebih efektif. Penonton akan memperhatikan dan mengingat kegiatan live streaming kamu, sehingga dapat membantu juga meningkatkan kesadaran merek kamu di pikiran pelanggan.
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan : Dengan melakukan live TikTok secara konsisten, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan toko kamu dan dapat merasa lebih percaya pada merek kamu. Mereka akan merasa lebih terlibat dan lebih puas dengan pengalaman pelanggan yang diberikan oleh toko kamu, terlebih saat live streaming. Ini dapat memperkuat hubungan antara merek dan pelanggan, serta meningkatkan loyalitas merek.
7. Perbanyak Interaksi
→ Dengan memperbanyak interaksi dengan para pembeli, kamu dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan saat live streaming. Interaksi yang kamu lakukan dapat mempertahankan minat penonton untuk tetap tinggal di live streaming kamu.
→ Contoh interaksi yang dapat kamu lakukan saat live streaming :
- Menjawab pertanyaan : kamu bisa membuka sesi tanya jawab seputar produk yang sedang kamu promosikan. Kamu bisa juga bertanya kepada penonton mengenai topik yang sedang kamu bahas dalam siaran. Jangan lupa untuk selalu berikan jawaban yang jelas dan ramah, ya!
- Memperkenalkan diri : Saat memulai siaran live TikTok, pastikan untuk memperkenalkan diri kamu atau host dengan jelas dan ramah. Setelah itu, lanjutkan dengan memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, dan buatlah penonton merasa dihargai dengan memberikan mereka feedback balik ke mereka dengan sesuai.
- Gunakan sound musik atau effect : Menggunakan musik atau efek suara dapat membantu meningkatkan interaksi dengan penonton dalam siaran live TikTok toko kamu. Perlu diingat bahwa gunakan lagu atau suara yang populer dan relevan dengan topik siaran, dan ajak penonton untuk berkomentar dan memberikan feedback untuk sesi live.
Nah, itu dia Sobat Shipper, beberapa tips dan cara agar orderan kamu bertambah ketika melaksanakan live streaming di TikTok. Kamu bisa dengan mudah melaksanakan live apabila sudah memenuhi syarat yang diperlukan sembari mengetahui berbagai strategi yang efektif. Harapannya, toko kamu akan banjir orderan saat selesai melaksanakan siaran. Jika kamu kewalahan dalam logistik dan pengiriman, tenang saja! Serahkan semua ke Shipper, karena Shipper akan selalu siap membantu.