Skip to content

Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!

Daftar isi : 

  1. Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
  2. 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
  3. Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
  4. 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
  5. 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
  6. 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
  7. Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
  8. 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
  9. Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
  10. 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
  11. Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
  12. Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
  13. Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini 
  14. 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
  15. Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten

Sobat Shipper, jika kamu adalah salah satu pelaku bisnis online, mungkin kamu sudah gak asing dengan istilah FYP. FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu tampilan laman utama di aplikasi TikTok. Banyak orang yang ingin membentuk konten dan berharap kontennya masuk ke laman ini, karena FYP dijadikan sarana promosi produk mereka.

Apabila konten promosi produk kamu masuk ke FYP, kemungkinannya besar produk kamu dikenal oleh para pengguna yang sebelumnya tidak tahu toko kamu. Namun, untuk agar video kamu masuk ke FYP dengan cepat tidak semudah yang dibayangkan. Sobat Shipper memerlukan strategi yang efektif dan tepat sebagai landasan untuk FYP di TikTok. Nah, untuk menentukan cara yang tepat, Shipper sudah mengulas beberapa trik yang Sobat Shipper bisa lakukan untuk proses pembuatan konten selanjutnya. Yuk, disimak!

 

1. Sebenarnya, Apa sih FYP Itu?

→ Sebelum Shipper masuk ke trik yang diperlukan, Sobat Shipper harus paham terlebih dahulu nih, tentang apa sebenarnya FYP itu. Seperti yang tadi sudah disebutkan, FYP adalah laman utama di aplikasi TikTok yang menampilkan berbagai video yang telah disesuaikan berdasarkan algoritma yang kompleks.

→ FYP biasanya menyajikan video yang sudah diselaraskan dengan preferensi dan perilaku penonton. Algoritma inilah yang mempelajari preferensi penonton, lewat jenis-jenis video yang sering dilihat, disukai, dan diberikan komentar. TikTok juga menggunakan informasi lainnya seperti lokasi geografis dan bahasa yang penonton gunakan.

→ Bagi para pelaku bisnis, FYP adalah cara bagi mereka untuk menemukan inspirasi video-video baru dan menarik, serta memberikan peluang bagi mereka dalam menjangkau audiens yang lebih luas.

 

2. Buat Konten Relevan, Bercerita, dan Positif Kontroversial

→ Sobat Shipper, pastikan bahwa konten yang kamu buat harus sesuai dengan produk yang kamu jual, ya! Karena, konten-konten jenis seperti ini akan menarik perhatian penonton sehingga dapat membangun engagement yang lebih baik.

→ Kamu juga bisa mengajak para penonton untuk memberikan komentar atau ajak mereka untuk membagikan video ini untuk semakin memperbesar peluang kamu masuk ke laman FYP.

→ Selanjutnya, yang dimaksud positif kontroversial adalah hasil konten yang kamu buat bisa memicu perdebatan positif di antara audiens kamu.

→ Misalnya kamu berjualan skin care, maka kamu bisa membuat konten cerita yang menjelaskan perjalanan kulit kamu dari sebelum dan sesudah menggunakan skin care tersebut. Di akhir, kamu bisa bertanya hal-hal seperti, “Penggunaan produk ini membuat kulit aku lebih cerah dan segar, lho! Apakah kalian mengalami hal yang sama juga?”. Ini akan memicu penonton untuk memberikan pendapatnya mengenai produk tersebut.

 

3. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

→ Sobat Shipper, perlu diingat bahwa produk konten yang banyak tidak menjamin konten-konten tersebut akan tembus ke FYP. Algoritma TikTok juga memprioritaskan konten yang berkualitas tinggi dan mendapatkan banyak interaksi dari penonton untuk masuk ke FYP. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kualitas konten sebelum mengunggahnya ke akun TikTokmu, ya!

→ Ini adalah beberapa tips untuk menerapkan kualitas, bukan kuantitas :

  1. Pastikan Proses Pembuatan Video : untuk membuat konten yang berkualitas, kamu harus memastikan juga bahwa proses pembentukan konten tersebut juga baik. Perhatikan pencahayaan, suara, juga editing agar hasil akhir video kamu bisa maksimal. Video kualitas produksi yang buruk dapat menurunkan tingkat engagement dan membuat penonton kehilangan minat.
  2. Bereksperimen dengan Fitur Editing : Sobat Shipper juga bisa lho, mencoba berbagai fitur yang disediakan di aplikasi-aplikasi editing untuk membuat konten kamu menjadi lebih hidup. Ini juga akan semakin menggaet para pengguna untuk menonton dan berinteraksi video kamu, dan meningkatkan peluang terjadinya engagement yang tinggi pada video.
  3. Berikan Ciri Khas : ciri khas bisa menjadi hal yang membuat video-video dari toko kamu menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu, tips ini juga bisa membuat kesadaran merek kamu menjadi bertambah, lho! Karena, penonton akan selalu ingat toko kamu apabila melihat ciri khas yang kamu berikan.

 

4. Pakai Sound-Sound yang Trending

→ Sound atau lagu yang sedang trending pada TikTok dapat membantu Sobat Shipper dalam menarik perhatian audiens.

→ Pastikan untuk memilih lagu yang relevan dengan produk yang kamu jual, ya! → Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kecantikan, kamu bisa menggunakan lagu yang berkaitan dengan kecantikan atau self-care. Kamu juga bisa mencari sound yang sedang digunakan oleh pengguna TikTok yang sedang populer untuk meningkatkan peluang agar video Anda ditemukan dan ditonton.

→ Shipper mengulasnya lebih lanjut tentang bagaimana kamu bisa menambahkan penjualan yang kamu dapatkan dengan memaksimalkan penggunaan sound-sound yang trending. Kamu bisa cek-cek artikel lainnya di daftar isi di atas, ya!

 

5. Gunakan Teknik Soft-Selling

→ Sobat Shipper udah tahu tentang teknik soft-selling, belum? Teknik soft-selling adalah kebalikan dari hard-selling, dimana soft-selling lebih mengutamakan pada penjualan tidak langsung atau kemudahan promosi. Berarti, Sobat Shipper menggunakan teknik promosi yang lebih halus dan tidak agresif dalam menjual produk, atau bisa dibilang bahwa kamu membentuk konten cerita.

→ Teknik ini juga bisa membantu kamu agar hasil konten yang sudah dibuat tidak terlalu terlihat seperti iklan, Sobat Shipper! Karena, teknik ini lebih mengarahkan perhatian audiens pada manfaat yang akan didapatkannya dari produk yang kamu jual, daripada hanya menekankan mereka untuk membeli.

→ Beberapa contoh konten soft-selling yang kamu bisa lakukan adalah :

  1. Demo Produk : Sobat Shipper bisa mebuat video yang menampilkan demo penggunaan produk secara jelas dan detail. Jangan lupa untuk menunjukkan fitur dan keunggulan produk, dan jelaskan pula bagaimana produk tersebut dapat membantu pelanggan di kehidupan sehari-hari mereka. Hindari terlalu memaksakan penjualan ya, Sobat Shipper, karena akan membuat penonton kehilangan minat.
  2. Cerita Sukses : Kamu juga bisa membuat cerita sukses pelanggan yang telah menggunakan produk kita. Cerita ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memperlihatkan pengalaman positif dari orang lain yang telah menggunakan produk kita.
  3. Ulasan Produk : Selanjutnya, Buat video yang memberikan ulasan produk secara objektif dan mendetail, dengan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan produk. Dalam video, tunjukkan bagaimana produk dapat membantu masalah yang dihadapi oleh pelanggan, dan jelaskan secara jelas mengapa produk tersebut layak untuk dibeli.

Nah Sobat Shipper, dalam membuat konten jualan agar masuk ke FYP, kamu memerlukan strategi yang tepat agar bisa menarik perhatian audiens dan memperoleh hasil yang optimal. Dengan membuat konten yang relevan, bercerita, dan positif kontroversial, ditambah dengan teknik soft-selling, penggunaan sound trending, dan mengutamakan kualitas, kamu dapat memperbesar peluang video kamu masuk ke FYP. Semoga setelah masuk ke FYP, order jualan kamu jadi meningkat! Jika kamu kewalahan mengenai pengiriman dan logistik, tenang aja! Serahkan ke Shipper untuk masalah pengiriman dan logistik kamu.

 

Dalam membuat konten jualan FYP, Anda perlu memikirkan strategi yang tepat agar bisa menarik perhatian audiens dan memperoleh hasil yang optimal. Gunakan sound yang sedang trending, gunakan teknik soft-selling, dan buat konten relevan, bercerita, dan positif kontroversial. Dengan begitu, Anda akan memperoleh peluang yang lebih besar untuk sukses dalam bisnis online Anda.

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×