Daftar isi :
- Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
- 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
- Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
- 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
- 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
- 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
- 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
- Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
- 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
- Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
- Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
- Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
- Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini
- 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
- Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten
Sobat Shipper, di zaman yang serba modern dan mudah ini, masyarakat dapat dengan mudah membentuk sebuah toko online di berbagai marketplace. Nah, apabila Sobat Shipper merupakan salah satunya, hal penting yang dapat membuat toko kamu lebih unggul dibanding toko lainnya adalah testimoni dan ulasan yang baik. Seringkali diabaikan, tetapi kedua hal tersebut dapat membuat para calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk kamu.
Melalui artikel ini, Shipper akan mencoba memberikan alternatif strategi agar para pembeli memberikan ulasan yang positif setelah berbelanja di toko kamu. Kemungkinan kamu menjadi top seller juga tinggi, lho, apabila toko kamu diisi dengan testimoni yang bagus.
1. Selalu Berikan Layanan Terbaik
- Kunci utama yang harus diingat dalam melakukan transaksi jual beli online adalah kualitas layanan yang Sobat Shipper berikan. Pelayanan yang baik akan memberikan pengalaman yang memuaskan pula bagi pembeli untuk selalu berbelanja di toko kamu.
- Bahkan, ada beberapa marketplace yang menampilkan “respon penjual sangat baik” di kolom review. Apabila toko kamu merupakan salah satunya, pembeli akan cenderung semakin yakin untuk belanja di toko kamu.
- Pelayanan yang baik bisa dimulai dengan admin yang ramah dan cepat dalam merespon pembeli, agar pembeli merasa diperhatikan dan dihargai. Selanjutnya, ada baiknya apabila kamu menanggapi keluhan dengan sabar dan terbuka agar pembeli merasa dimengerti.
- Sebagai ilustrasi, ini tanggapan yang disarankan ketika pelanggan bertanya mengenai harga pengiriman:
“Halo, kak! Terima kasih telah menghubungi toko kami. Untuk melihat berbagai pilihan pengiriman ke daerah tempat tinggal kakak, dapat kakak lihat di bagian “Opsi Pengiriman” ya, kak! Kakak bisa klik bagian tersebut, lalu kakak akan diberikan opsi ekspedisi beserta ongkos pengiriman produk.”

2. Memberikan Bonus Tambahan untuk Customer
- Setelah melakukan transaksi jual beli, tidak banyak pembeli yang berinisiatif untuk langsung meninggalkan ulasan untuk toko kamu. Untuk menggugah mereka dalam memberikan ulasan, strategi pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memberikan bonus bagi mereka.
- Dengan tawaran bonus ini, kemungkinan pembeli untuk meninggalkan review menjadi bertambah, karena mereka juga merasa diuntungkan dengan bonus tersebut.
- Bonus tambahan yang bisa kamu berikan bentuknya bisa bermacam-macam, seperti voucher diskon untuk pembelian berikutnya, hadiah gratis, hingga pengiriman gratis. Kamu juga bisa menambahkan jenis-jenis bonus tambahan yang akan diberikan di bagian deskripsi produk.
Baca Juga: Langkah-Langkah Meningkatkan Rating di E-commerce
3. Menjaga Kualitas Produk
- Selanjutnya, menjaga atau memperbaiki kualitas produk yang Sobat Shipper jual merupakan strategi lainnya dalam meningkatkan ulasan toko. Dalam berjualan di marketplace online, produk yang kamu jual harus sesuai dengan katalog foto yang sudah ditampilkan. Ketika pembeli mendapatkan produk yang jauh berbeda dari katalog foto, tentunya hal tersebut akan membuat mereka kecewa. Perlu diingat bahwa kamu harus juga menuliskan deskripsi produk selengkap-lengkapnya di kolom deskripsi agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli.
- Pastikan selalu bahwa produk yang Sobat Shipper jual sesuai dengan deskripsi produk, tidak cacat, dan dikirim dalam kondisi yang prima. Jika ternyata ada masalah dengan produk setelah sampai di tangan pembeli, selalu tawarkan solusi yang sekiranya dapat membantu menyelesaikan masalah.
- Sebagai ilustrasi, apabila kamu berjualan make up seperti bedak dan lipstik, selalu cek tanggal kadaluarsa dari produk tersebut, nomor BPOM, ditambah dengan perbandingan warna di beberapa warna kulit yang berbeda.
4. Pertahankan Hubungan Baik dengan Customer
- Selain itu, mempertahankan hubungan baik dengan para pembeli kamu juga strategi yang dapat menguntungkan toko, lho! Dengan menjalin hubungan baik, kamu akan meningkatkan frekuensi pembeli untuk belanja di toko kamu.
- Salah satu cara untuk berhubungan baik dengan pembeli kamu adalah dengan memperlakukannya dengan baik dan sopan. Untuk memudahkan obrolan di toko kamu, konsiderasikan penggunaan teknologi otomisasi untuk menanggapi setiap pertanyaan yang muncul lewat chat. Tetapi, pastikan template yang kamu pakai menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.
- Sebagai ilustrasi, ini adalah respon yang disarankan bagi para penjual apabila seorang konsumen bertanya mengenai produk kamu:
“Halo, Kak! Terima kasih sudah menghubungi toko kami. Untuk produk yang kakak tanyakan, tersedia dalam beberapa ukuran dan warna. Apabila kakak membutuhkan bantuan dalam memilih ukuran yang tepat, jangan ragu untuk beritahu kami, ya! Kami akan dengan senang hati membantu.”
5. Memberikan Jaminan Pengiriman
- Agar semua produk yang sudah dibeli dari toko kamu dapat sampai di tangan pembeli dengan keadaan prima, ada baiknya kamu memperhatikan proses pengemasan dan pengiriman.
- Jika Sobat Shipper mengirimkan produk dengan kemasan yang tidak rapi atau asal-asalan, hal ini cenderung membuat pelanggan menjadi enggan untuk memberikan ulasan positif. Pengemasan yang baik juga bertujuan agar produk yang dikirimkan tidak rusak selagi berada di pihak ekspedisi.
- Pemberian jaminan pengiriman ini dapat dilakukan dengan cukup mudah, kamu bisa menambahkan penjelasan di bagian deskripsi produk seperti ini:
“Selalu videokan proses unboxing paket untuk melakukan klaim garansi atas produk yang cacat atau rusak. Kontak kami via chat untuk proses penggantian,”.
6. Memanfaatkan Review Negatif
- Strategi terakhir yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk meyakinkan pelanggan dalam memberikan ulasan baik adalah dengan merespon terhadap ulasan-ulasan negatif. Apabila kamu merespon dengan tutur kata yang sopan dan baik, ini akan menambah kepercayaan pelanggan bahwa toko kamu memiliki pelayanan yang baik.
- Tanggapi ulasan negatif tersebut dengan solusi yang dapat toko kamu tawarkan, seperti klaim garansi atau melakukan retur barang. Ini juga membuat toko kamu cenderung memiliki citra positif di mata calon pembeli.
- Sebagai ilustrasi, ini merupakan tanggapan yang dapat kamu gunakan dalam merespon review negatif ketika pembeli mendapatkan barang kurang lengkap:
“Halo kak! Terima kasih sudah meninggalkan ulasan bagi toko kami. Kami lihat ternyata kakak menerima produk yang kurang lengkap, ya. Sebelumnya mohon maaf atas kelalaian kami. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dari toko kami, mohon kakak beritahu alamat lengkap dan produk apa yang belum kami kirimkan via chat ya, kak, agar kami dapat mengirimkan produk yang terlewat. Terima kasih, kak!”.
Sobat Shipper, itulah 6 strategi yang dapat kamu lakukan agar meningkatkan review di toko kamu agar menjadi top seller yang dipercaya konsumen. Harapannya, artikel ini membantu Sobat Shipper dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan citra positif toko kamu. Apabila Sobat shipper bingung di bagian pengiriman dan logistik, tenang saja! Manfaatkan berbagai fitur yang Shipper tawarkan agar proses jual beli online kamu menjadi lebih mudah.
Baca Juga: 6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace