Daftar isi :
- Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
- 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
- Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
- 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
- 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
- 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
- Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
- 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
- Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
- 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
- Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
- Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
- Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini
- 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
- Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten
Sobat Shipper tahu kan, bahwa TikTok Shop merupakan platform populer untuk para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka? Biasanya, mereka menggunakan konten berbentuk video yang berisikan promosi mengenai produk yang mereka jual, dengan tujuan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Namun, salah satu hal yang menentukan apakah video promosi mereka sampai di audiens yang tepat adalah dengan melihat angka viewers.
Dengan algoritma TikTok yang unik, viewers yang didapatkan oleh akun brand atau pemilik bisnis terkadang tidak selalu sama. Bahkan, ada beberapa brand yang viewers TikToknya bisa dikatakan cukup kecil dibanding followers yang mereka miliki. Kalau Sobat Shipper ingin menghindari viewers yang sedikit tetapi bingung gimana cara ningkatinnya, simak terus artikel ini! Lewat artikel ini, Shipper mau coba untuk jelaskan gimana kamu bisa menambah viewers TikTok dengan cukup mudah, tanpa tambahan aplikasi apapun!
1. Selalu Up to Date Terhadap Trend
→ Langkah pertama untuk meningkatkan viewers yang dapat Sobat Shipper lakukan adalah dengan up to date terhadap trend yang sedang viral. Mengikuti trend yang sedang populer dapat membuat brand presence kamu jadi bertambah, sehingga dapat semakin menarik perhatian para pelanggan.
→ Cara ini juga akan membuat akun jualan kamu menjadi tetap relevan dan lebih mudah diingat oleh pengguna TikTok Shop. Namun, perlu diingat pula bahwa kamu harus memilah-milah trend yang dapat dilakukan, ya! Apabila trend dirasa kurang cocok dengan brand dan produk yang kamu jual, kamu bisa modifikasi agar sesuai dengan toko kamu.
→ Untuk mencari trend yang sedang naik daun, kamu bisa dengan mudah klik bagian pencarian, lalu TikTok akan secara otomatis menyajikan beberapa topik yang sedang viral. Selain itu, kamu juga bisa menelusuri laman For You Page untuk mengetahui jenis video yang lagi terkenal.
→ Berikut adalah salah satu contoh trend yang dapat kamu ikuti, apabila kamu merupakan penjual yang menjual kosmetik :
- Trend “What’s in my Bag” : memperlihatkan barang-barang apa saja yang kamu bawa di tas sehari-hari. Kamu bisa memasukkan produk yang kamu jual sebagai salah satu barangnya.
- Trend “Beauty Hacks” : trend yang memanfaatkan kosmetik sebagai suatu barang yang multifungsi. Misalnya kamu menjual lipstik, kamu dapat memperlihatkan bahwa produk lipstik kamu bisa dijadikan sebagai perona pipi juga.
- Trend “Get Ready with Me” : mengajak para penonton untuk bersiap-siap bersama dengan kamu. Masukkan pula salah satu produk jualan kamu sebagai barang yang kamu gunakan saat bersiap-siap.
2. Posting Setiap Hari
→ Selanjutnya, posting video setiap hari adalah salah satu kunci juga agar toko kamu dianggap aktif oleh algoritma TikTok, sehingga menambah kemungkinan video kamu masuk ke laman For You Page.
→ Dengan upload video secara konsisten, Sobat Shipper juga akan meningkatkan brand presence kamu, lho! Jika para penonton sering melihat toko kamu muncul di feed, hal tersebut dapat menggaet mereka untuk membeli produk yang kamu promosikan.
→ Kamu cukup mengunggah satu video setiap harinya, tetapi dengan memperhatikan kualitas dan isi kontennya juga, ya! Karena, semakin menarik dan berkualitas konten yang kamu buat, kesempatan kamu dalam meningkatkan jumlah viewers juga akan semakin besar.
→ Shipper mengulas lebih lanjut mengenai beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan dalam pembuatan video agar dilirik banyak orang. Kamu bisa membacanya di sini.
3. Gunakan Fitur TikTok yang Tersedia
→ TikTok menawarkan berbagai jenis fitur dalam membuat sebuah video, lho, Sobat Shipper! Dua fitur yang paling mudah untuk digunakan adalah fitur stitch dan duet.
→ Apa sih, kedua fitur itu? Stitch merupakan fitur yang membuat kamu bisa menambahkan bagian video pengguna lain ke dalam video yang hendak kamu buat. Biasanya, stitch digunakan untuk merespon atau memberikan reaksi video sebelumnya. Duet adalah fitur yang memperbolehkan kamu untuk membuat video bersebelahan dengan video pengguna lain.
→ Kedua fitur ini dapat kamu manfaatkan sebagai strategi dalam menambah viewers toko kamu. Selain itu, stitch dan duet juga cara yang bagus untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan konten kamu dengan pengguna TikTok lainnya.
→ Namun, pastikan juga bahwa kamu sudah terlebih dahulu memposting beberapa video menarik mengenai produk kamu sebelum menggunakan fitur ini, ya!
4. Pakai Sound-Sound yang Viral
→ Menggunakan sound yang sedang viral juga merupakan strategi dalam meningkatkan jumlah viewers kamu. Karena, sound atau audio merupakan salah satu aspek penting dari konten yang kamu buat di TikTok.
→ Video-video yang Sobat Shipper buat dengan menggunakan sound viral akan berada di tempat yang sama dengan video yang sudah terlebih dahulu populer. Sehingga, meningkatkan potensi video kamu untuk menjadi viral pula!
→ Penggunaan sound viral juga banyak digunakan untuk meningkatkan engagement atau membuat para calon pembeli menjadi tertarik dalam menonton video promosi kamu. Namun, kamu juga harus selektif dalam memilih sound, dan sesuaikan pula sound tersebut dengan video yang akan kamu unggah.
→ Shipper mengulas lebih lanjut dalam bagaimana kamu bisa belajar dari brand-brand besar yang berhasil menggunakan sound viral untuk menambah penjualannya. Untuk membacanya, kamu bisa klik di sini.
5. Menggunakan Sound Voiceover Filter
→ Voiceover filter adalah cara yang bagus untuk menambahkan narasi atau suara pada video yang Sobat Shipper buat, karena dapat membantu menjelaskan produk kamu dengan lebih rinci dan menarik perhatian pelanggan.
→ Selain menarik perhatian pelanggan, ini ada beberapa keuntungan menggunakan sound voiceover filter di video kamu :
- Memberikan informasi tambahan : penambahan suara di video akan membantu memberikan informasi tambahan tentang produk yang sedang dipromosikan, seperti deskripsi atau manfaatnya. Ini akan membuat calon pembeli memahami lebih jelas tentang produk kamu.
- Menambah nuansa dan emosi di konten kamu : dengan menambahkan suara, tentunya hal ini akan membantu meningkatkan emosi pada konten yang kamu buat, seperti humor atau kegembiraan. Ini juga akan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan konten kamu, misal dengan menaruh comment atau share video.
- Meningkatkan brand presence : kesadaran merek kamu akan semakin bertambah dengan menambahkan suara pada konten kamu. Apabila para penonton sudah terbiasa mendengar suara tersebut, kemungkinannya tinggi bahwa mereka akan terus mengingat merek kamu untuk kedepannya.
6. Melaksanakan Challenge
→ Challenge adalah cara yang baik untuk memperkenalkan produk Sobat Shipper kepada para calon pembeli. Dengan membuat challenge, para pelanggan akan semakin tertarik untuk terlibat dan menonton konten yang kamu telah buat.
→ Challenge yang dapat dilakukan beragam, tapi perlu diperhatikan agar challenge yang Sobat Shipper buat harus berhubungan dengan produk yang dijual dan mengundang pelanggan untuk berpartisipasi.
→ Hadiah yang Sobat Shipper tawarkan juga harus menggaet pelanggan untuk mau ikut dalam challenge ini, misalnya bundle produk kamu, voucher belanja di toko kamu, hingga saldo e-wallet.
→ Ini adalah beberapa tips agar challenge yang kamu bentuk berhasil menambah viewers dan penjualan :
- Buat konten yang dibuat menarik dan unik : Sebelum memulai challenge, pastikan bahwa konten yang Sobat Shipper buat untuk mempromosikan challenge ini menarik. Kamu dapat meriset atau mencari inspirasi terlebih dahulu atas ide-ide unik yang dapat toko kamu lakukan. Jangan takut untuk berinovasi ya, Sobat Shipper! Kalau ide kamu berbeda dari yang lain, ini akan menarik perhatian pelanggan yang lebih banyak.
- Gunakan hastag yang memikat : Dengan menggunakan hastag yang memikat, ini akan mendorong partisipasi pelanggan sehingga challenge kamu menjadi viral. Kamu dapat meminta para calon pembeli untuk membuat video mereka sendiri dengan menggunakan hastag.
- Promosikan Challenge ke Media Sosial Lainnya : Untuk memaksimalkan jumlah pembeli yang ikut ke challenge kamu, kamu dapat mempromosikan challenge tersebut ke media sosial akun toko kamu lainnya. Misalnya, kamu dapat membentuk konten promosi di Instagram atau Twitter. Jangan lupa untuk membagikan informasi seputar challenge di platform lain. Ini akan membantu menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan jumlah penonton.
Sobat Shipper, itu adalah 6 tips yang dapat kamu aplikasikan untuk meningkatkan viewers konten jualan kamu di TikTok Shop. Harapannya, artikel ini akan membantu kamu dalam meningkatkan nama merek kamu di antara para calon pembeli, sehingga penjualan kamu juga akan meningkat. Kalau nanti kamu pusing masalah logistik dan pengiriman, tenang saja! Shipper selalu ada untuk membantu mempermudah proses berjualan kamu. Cek laman utama kami, ya!