Daftar isi:
- Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
- 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
- Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
- 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
- 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
- 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
- Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
- Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
- 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
- Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
- Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
- Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
- Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini
- 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
- Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten
Sobat Shipper, siapa disini yang aktif menggunakan aplikasi TikTok? TikTok merupakan platform media sosial yang kepopulerannya semakin bertambah seiring waktu, terutama didukung dengan peluncuran fitur e-commerce TikTok Shop. Kalau Sobat Shipper merupakan salah satu penjual, kunci untuk meningkatkan penjualan produk adalah dengan promosi jualan.Kegiatan ini bisa dilakukan sebagai taktik jangka pendek untuk meningkatkan keuntungan yang kamu peroleh, atau untuk semakin meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kamu.
Optin Master, sebuah software terbesar untuk tools marketing berpendapat bahwa teknis psikologis juga diterapkan dalam membuat promosi produk, seperti menimbulkan rasa urgensi kepada pembeli untuk membeli produk secepatnya. Kamu juga bisa menggunakan teknik fear of missing out (FOMO) untuk meningkatkan keinginan pembelian. Nah, selain memberikan potongan harga, ini ada beberapa alternatif lain yang dapat kamu gunakan di toko kamu:
1. Beli 1 Gratis 1
Promo buy one get one adalah salah satu jenis promosi yang cukup dikenal di antara para calon pembeli. Promo ini membuat pembeli akan mendapatkan satu produk gratis apabila membeli satu produk di toko kamu. Jangan lupa untuk atur ketentuan dari promo agar pembeli tidak kebingungan, ya!
Kamu bisa membuat video TikTok untuk mengenalkan produk yang masuk ke promosi ini, dengan memberikan informasi detail mengenai produk tersebut. Pastikan pula untuk memasukkan deskripsi promosi buy one get one, hastag B1G1, serta ajakan bagi pengguna TikTok untuk membeli produk kamu. Perlu diingat bahwa promo ini juga bisa Sobat Shipper kombinasikan barangnya, ya!
Contoh: Misalnya dengan membeli sepatu, pembeli juga mendapatkan kaos kaki.
2. Paket Hemat Bundling
Selanjutnya, kamu bisa menerapkan paket hemat bundling sebagai salah satu cara menarik konsumen dalam membeli produk. Maksud dari promo ini adalah kamu mengelompokkan dua atau tiga barang menjadi satu paket dengan harga yang lebih murah ketimbang jumlah harga masing-masing produk. Bagi penjual sendiri, strategi ini juga dapat mengurangi biaya distribusi pengiriman, lho! Para konsumen yang membeli juga diuntungkan karena melalui satu kali pembelian bisa mendapatkan 2 sampai 3 produk sekaligus. Tentunya produk ini berlaku untuk semua kategori produk jualan ya! Dari fashion hingga makanan.
Contoh: “Paket hemat 3 croffle hanya 25RB! Harga satuan 10RB,”
3. Promo Cuci Gudang
Selain dapat meningkatkan penjualan kamu, kamu juga dapat mengurangi kelebihan stok yang berada di gudang. Karena kamu juga ingin mengurangi kelebihan stok, berikanlah diskon besar-besaran saat mempromosikan promo ini. Jangan lupa untuk menempatkan angka diskon tersebut di video promosi jualan TikTok yang telah kamu buat. Tips ketika membentuk sebuah promo cuci gudang adalah diskon yang Sobat Shipper berikan harus besar, sehingga pembeli semakin tertarik. Diskon tipe ini juga cocok untuk mengakali produk yang mendekati masa expired.
Contoh: “Cuci Gudang Besar-Besaran: Semuanya Diskon 70%!”
4. Lakukan Giveaway
Giveaway adalah promosi dimana Sobat Shipper sebagai penjual memberikan hadiah gratis kepada konsumen sebagai bagian dari upaya promosi. Hadiah yang diberikan dapat berbagai rupa, mulai dari produk kamu sendiri atau produk pihak lain (apabila kamu melaksanakan giveaway dengan berkolaborasi dengan orang lain). Jika kamu melaksanakan giveaway dengan pihak lain, ada kemungkinan bahwa kamu menarik pembeli-pembeli untuk datang ke toko kamu, lho!
Jangan lupa untuk memberi syarat dan ketentuan yang jelas sebelum kamu mempromosikan giveaway ini, agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli. Untuk promosi mengenai giveaway, Sobat Shipper dapat lakukan dengan membuat video konten TikTok lewat akun kamu. Kamu juga bisa pasang iklan untuk mendapatkan exposure lebih besar dalam giveaway ini. Giveaway juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu menaikkan nama toko kamu di antara calon pembeli.Contoh: Giveaway tiga produk gratis dan saldo e-wallet untuk tiga orang pemenang! Jangan lupa lakukan syarat follow akun TikTok jualan, share video ini ke sosial media kamu, dan comment “Aku mau menang” di video ini sebanyak-banyaknya!
5. Pre-Order Produk Baru Lebih Murah
Jenis promosi pre-order adalah promosi dimana kamu menawarkan produk dengan harga yang lebih murah untuk pembelian di masa depan. Selain itu, strategi ini juga baik untuk meningkatkan awareness produk baru kepada para pembeli, bahkan sebelum mulai melepaskan ke pasar. Kamu harus membuat pembeli kamu yakin bahwa mereka mendapatkan keuntungan lebih banyak ketika memesan produk sebelum launching.
Contoh: “Produk baru akan launching 2 minggu lagi! Untuk pre-order ada diskon 15%, loh!”
Baca Juga: Strategi Menyusun Promo Menarik Agar Efektif Bagi Toko Online
6. Promo Hari Raya Promo Berdasarkan Momen
Momen-momen seasonal merupakan waktu yang tepat untuk Sobat Shipper dalam melakukan promosi di toko kamu. Berbagai momen dapat kamu lakukan sebagai bentuk promosi, misalnya promo Hari Raya Idul Fitri, promo Kemerdekaan, hingga promo payday. Bahkan, pengamat ekonomi juga berpendapat bahwa tingkat konsumsi masyarakat cenderung meninggi 15%-30% ketika Hari Raya dibanding hari-hari biasa. Selain dapat meningkatkan keuntungan, promo Hari Raya juga dapat meningkatkan awareness masyarakat mengenai toko kamu.
Contoh: “Selamat hari Raya Idul Fitri! Diskon potongan Rp35,000 untuk setiap pembelian”, atau “Diskon 17% di hari kemerdekaan Indonesia! Belanja sekarang!”
7. Gratis Ongkir
Gratis ongkir juga salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan, terlebih karena sudah dikenali di kalangan pembeli. Ini juga membuat pembeli dapat menghemat dari sisi pengiriman barang. Kamu bisa melakukan promo gratis ongkir ketika tanggal kembar (11.11 atau 2.2), atau dengan periode terbatas dengan jumlah minimal transaksi tertentu.
Contoh: “Potongan ongkir hanya di tanggal 10-12 November! Minimum belanja 20RB”.
Demikian 7 trik diskon yang dapat Sobat Shipper terapkan pada toko kamu. Harapannya, trik-trik ini bisa menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan toko. Untuk memudahkan masalah logistik dan pengiriman, serahkan ke Shipper saja!
Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini, Kamu Bisa Sukses Berbisnis Dengan Modal yang Kecil