Skip to content

7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!

Daftar isi : 

  1. Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop! 
  2. 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
  3. Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
  4. 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
  5. 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
  6. Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
  7. 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
  8. Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
  9. 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
  10. Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
  11. Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
  12. Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
  13. Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini 
  14. 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
  15. Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten

 

Sobat Shipper, pasti udah tidak asing dengan istilah “viral”, bukan? Viral adalah sebuah kondisi dimana sesuatu menyebar dengan luas dan cepat. Bentuk sesuatu dapat dikatakan viral juga bermacam-macam, lho! Mulai dari sound TikTok, berita, hingga produk bisnis. Apabila sebuah produk bisnis viral, manfaatnya gak main-main loh! Selain mendatangkan keuntungan, kamu juga bisa meraih calon-calon pembeli yang sebelumnya tidak terjangkau.

 

Sebenarnya, gimana sih cara agar produk kamu bisa dikatakan viral? Simak cara-cara yang sudah dikurasi oleh Shipper untuk membantu cuan kamu bertambah!

1. Bangun brand awareness toko terlebih dahulu
  • Sebelum membangun sebuah brand awareness, Sobat Shipper harus tahu terlebih dahulu apa itu brand awareness. Brand awareness atau kesadaran merek dapat dianggap sebagai sejauh mana seorang pelanggan/konsumen mampu mengenali merek kamu. Kesadaran merek juga bisa dinilai sebagai sejauh mana sebuah merek dikenali oleh target audiens. Sebuah merek dengan brand awareness yang tinggi biasanya disebut sebagai merek trend/populer.
  • Nah, membangun kesadaran merek sangat penting, lho Sobat Shipper sebelum kamu berjuang untuk mempromosikan produk kamu. Baiknya, kesadaran merek dilakukan di tahap awal bisnis. Untuk melakukannya, kamu bisa memulai dengan menekankan layanan/pembuatan produk yang berbeda dari toko-toko lain di luar sana.
  • Brand awareness sendiri terdiri dari brand recognition (pengenalan merek) dan brand recall (ingatan tentang merek). Kedua komponen ini penting agar konsumen memulihkan merek tertentu ketika sebuah kategori produk disebutkan, dan semakin membuat merek kamu dikenal oleh banyak orang.
  • Salah satu cara untuk membangun brand awareness bisnis kamu adalah dengan membuat konten yang kreatif dan menarik. Saat mempromosikan bisnis kamu, usahakan selalu untuk fokus kepada sudut pandang konsumen, bukan perusahaan. Ini berarti kamu ingin memberikan kesan kepada konsumen bahwa bisnis kamu bukanlah sekedar menjual barang, namun memberikan suatu manfaat.
  • Apabila merek kamu sudah dikenal oleh banyak orang, besar kemungkinannya produk kamu akan viral dan populer. Ini akan semakin meningkatkan potensi produk kamu dibeli.
2. Menggunakan Logo atau Slogan yang Unik
  • Slogan dan logo merupakan elemen penting di dalam merek kamu, karena menjadi landasan strategi kesadaran merek. Slogan dan logo yang unik juga akan membantu merek kamu untuk lebih mudah diingat oleh para konsumen.
  • Saat konsumen melihat logo dan slogan yang unik dan menarik, mereka akan lebih cenderung untuk mengingat dan mengidentifikasi merek tersebut di antara merek-merek lainnya. Selain itu, logo dan slogan yang unik juga dapat meningkatkan daya tarik produk dan membuatnya terlihat lebih berbeda dari produk lainnya di pasaran.
  • Apabila Sobat Shipper bingung cara membuat logo yang unik, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang gratis untuk digunakan :
  1. Canva: Canva merupakan aplikasi desain grafis yang populer dan mudah digunakan. Selain menyediakan berbagai template desain yang dapat diubah sesuai keinginan, Canva juga menyediakan berbagai elemen desain seperti ikon, gambar, dan font yang dapat digunakan untuk membuat logo. Namun, ada beberapa fitur premium di Canva yang berbayar.
  2. DesignEvo: DesignEvo merupakan aplikasi pembuat logo online yang menyediakan berbagai template logo dan elemen desain yang dapat diubah sesuai keinginan. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai opsi untuk mengunduh logo dalam format yang berbeda, seperti JPG, PNG, dan SVG.
  3. Logo Creator: Selanjutnya, Sobat Shipper dapat menggunakan Logo Creator. Logo Creator merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat logo dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan template logo dan elemen desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Ada baiknya apabila Sobat Shipper menggunakan slogan yang unik, namun tidak sulit untuk diucapkan. Beberapa contoh slogan dari brand-brand ternama yang sukses membuat kita sebagai konsumen selalu mengingatnya:

Nike : “Just Do It!”

Indomie : “Indomie, Seleraku”

KFC : “Jagonya Ayam”

 

3. Berkolaborasi dengan KOL
  • KOL itu apa, sih? Apa manfaatnya untuk merek kita? Mungkin Sobat Shipper sering bertanya-tanya mengenai strategi yang satu ini. KOL atau Key Opinion Leader adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial. Namun, KOL tidak serupa dengan influencer, ya! KOL biasanya merupakan tokoh penting yang memiliki status penting di komunitasnya, sehingga pendapat dan nasihat yang diberikan oleh KOL didengarkan oleh orang-orang di komunitasnya. KOL juga dipercaya oleh komunitasnya karena memiliki pengalaman yang banyak di bidang yang digeluti.
  • Berbeda dengan influencer, biasanya mereka didasarkan oleh persona yang ditampilkan di sosial media dan konten yang mereka bentuk.
  • Karena mereka mudah dipercaya oleh komunitasnya, kemungkinan merek kamu menjadi dikenal oleh calon-calon pembeli baru menjadi lebih tinggi.
  • Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih KOL untuk diajak bekerjasama. KOL yang kamu pilih harus sesuai dengan target audiens merek kamu, dan selaras dengan produk yang kamu jual.
  • Apabila kamu tidak ingin KOL-nya hanya mempromosikan produk kamu, opsi lainnya yang dapat kamu lakukan adalah melakukan produk kolaborasi. Karena seorang KOL sudah mengetahui tren industri dan terlibat secara langsung, mereka dapat membantu dalam mengembangkan produk yang diinginkan pelanggan, sehingga kamu dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.
4. Mengikuti event
  • Event atau pameran bisa menjadi cara yang efektif dalam memperkenalkan produk kamu kepada publik. Selain dapat membantu brand presence sebelum, selama, dan setelah acara, mengikuti event juga memiliki berbagai prospek yang menjanjikan.
  • Namun, Sobat Shipper sebaiknya melakukan event atau pameran yang sesuai dengan kategori produk kamu, ya! Apabila kamu menjual makanan, event food festival atau kuliner menjadi hal yang tepat. Salah satu contoh festival makanan terbesar di Indonesia adalah Festival Jajanan Bango yang diadakan di Jakarta.
  • Nah, buat Sobat Shipper yang masih ragu untuk mengikuti event, ini ada beberapa keuntungan dari kamu ikut event:
  1. Sarana yang efektif untuk memperkenalkan produk

-> Terkadang, banyak masyarakat yang belum mengenal suatu produk akibat banyaknya produk yang dijual di pasaran. Dengan mengikuti pameran usaha, apalagi yang besar, kemungkinan kamu mendapatkan calon-calon konsumen baru menjadi lebih tinggi.

-> Tentunya, semakin banyak konsumen yang datang dan mempromosikan produk kamu, semakin tinggi pula kesempatan produk kamu akan menjadi viral.

  1. Ajang menambah network

-> Event pameran yang sudah terkenal pastinya bertindak sebagai suatu tempat dimana banyak pihak-pihak penting berkumpul. Termasuk pemasok, distributor, pelanggan, hingga investor.

-> Sehingga, ini adalah peluang bagus untuk kamu melebarkan sayap kemitraan dan kerjasama di masa depan. Sobat Shipper tentunya ingin produk kamu viral di kalangan lain selain pelanggan, bukan?

  1. Mengenal kompetitor

-> Terakhir, Sobat Shipper bisa belajar banyak dari pelaku usaha lainnya yang menjual produk serupa dengan kamu. Selain itu, kamu juga mendapatkan kesempatan untuk mengevaluasi atau menginovasi produk kamu.

-> Tidak menutup kemungkinan juga untuk Sobat Shipper mencari tahu lebih dalam mengenai berbagai informasi seputar bisnis, seperti harga jual hingga strategi yang telah digunakan.

 

Baca Juga: 7 Kiat Agar Jualan di Marketplace Laku Keras

5.  Lakukan Live TikTok
  • Karena TikTok merupakan salah satu platform yang sangat populer saat ini, kehadiran Live TikTok merupakan peluang yang sangat bagus agar produk kamu viral dengan cepat. Kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk melakukan live streaming untuk memperkenalkan produk kamu ke audiens yang lebih luas.
  • Salah satu yang perlu diperhatikan adalah memilih host yang memiliki basis penggemar yang besar, atau host dengan pribadi yang ceria. Kalau kamu masih bingung untuk bagaimana cara membuat sesi live yang pastinya akan menambah keuntungan kamu, baca lebih lanjut di sebelah sini.
  • Nah, kira-kira manfaat dari melakukan live TikTok untuk bisnis kamu apa saja, ya? Berikut adalah beberapa manfaatnya:
  1. Dapat dengan mudah meyakinkan calon pembeli

-> Sesi live merupakan saat yang tepat untuk menawarkan berbagai jenis produk yang Sobat Shipper jual. Ditambah, kamu juga bisa menggunakan beragam promosi untuk menggaet pembeli untuk segera melakukan pembelian.

-> Pembeli cenderung untuk buru-buru membeli suatu barang ketika promosi hanya ada pada saat tertentu saja, contohnya promo hanya saat live.

  1. Meningkatkan brand awareness

-> Melakukan live streaming juga akan membuat pembeli menjadi lebih mengenal produk yang toko kamu tawarkan, terlebih sembari dipandu oleh host. Sehingga, kesadaran merek kamu akan menjadi lebih tinggi.

-> Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesadaran merek salah satu landasan penting untuk meningkatkan keuntungan toko, lho! Semakin dikenal oleh pelanggan, semakin viral brand dan produk dari toko kamu.

  1. Menciptakan Pengalaman Belanja yang Berbeda

-> Karena live streaming berbeda dengan konten visual yang ditayangkan lewat web atau media sosial, pelanggan jadi mendapatkan pengalaman belanja yang berbeda dari biasanya.

-> Lewat live streaming, penjelasan produk yang diisi dengan fitur atau cara penggunaan akan terasa lebih nyata untuk pelanggan. Apabila kamu melakukan live dengan aman dan menyenangkan, pelanggan akan merasa lebih puas sehingga dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang.

 

6. Gunakan Ads TikTok
  • TikTok Ads merupakan fitur iklan yang dimiliki oleh TikTok, yang membuat para pelaku usaha dapat beriklan di aplikasi. Saat ini, TikTok Ads cukup populer di kalangan brand karena dapat membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.
  • Melalui TikTok Ads, kamu bisa menjangkau lebih banyak target audiens yang kamu sudah rancang sebelumnya. Kalau kamu membentuk sebuah konten iklan yang sedang trending dan menarik, akan lebih mudah pula menarik perhatian calon-calon konsumen dalam melakukan pembelian produk di toko kamu.
  • TikTok Ads memiliki banyak fitur dan manfaat yang tentunya dapat membantu produk kamu agar semakin viral di antara para konsumen. Untuk membaca lebih lanjut mengenai TikTok Ads, mulai dari panduan hingga tolak ukur keberhasilan, Sobat Shipper dapat membaca di artikel ini.
7. Selalu Up to Date ke Hal-Hal Trending
  • Sobat Shipper, dalam era yang serba modern dan dinamis ini, selalu ada tren baru yang muncul dengan cepat. Kemunculan tren-tren baru ini juga sedikit banyak menarik perhatian masyarakat luas. Karena hal ini, kamu sebagai para pelaku usaha perlu mengikuti berbagai tren yang sedang berkembang agar tetap relevan dan up to date. Selain itu, ini dapat meningkatkan peluang agar bisnis kamu semakin dikenal oleh audiens.
  • Pastikan bahwa tren yang diikuti oleh bisnis kamu harus sesuai dengan kategori dan tujuan bisnis kamu, ya! Nah, kalau kamu masih bingung apa saja keunggulan mengikuti tren, ini adalah beberapa manfaatnya:
  1. Membantu Menemukan Ide Bisnis

-> Sobat Shipper dapat dengan mudah mencari inspirasi ide baru yang menarik berdasarkan tren yang sedang berkembang. Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis, lho, karena kita berpikir dengan cepat agar terhubung dengan audiens.

-> Contoh brand yang melakukan campaign setelah hal trending adalah Bank BCA yang mempromosikan transfer 1 rupiah di Instagram, namun membuat audiens ambigu dengan gambar yang mirip angka 7. Mereka ikut ke trend pertandingan bola Manchester United dengan Liverpool yang berskor 7-0.

  1. Lebih efek dari Sisi Biaya 

-> Dengan kamu mengetahui tren yang sedang viral di masyarakat, bisnis Sobat Shipper dapat lebih menekan waktu dan biaya produksi yang dikeluarkan. Ini karena kita menjadi tau pendekatan mana yang paling efektif untuk dimaksimalkan, serta konten dalam bentuk apa yang disenangi masyarakat.

  1. Memudahkan Brand untuk Berhubungan dengan Pelanggan

-> karena cara menjangkau masyarakat sering berubah-ubah, hal ini dapat membuat brand kamu menjadi terputus hubungan dengan calon pelanggan.

-> dengan mengetahui tren yang sedang naik daun, Sobat Shipper menjadi tahu apa yang diinginkan oleh konsumen dan bagaimana kita berhubungan dengan mereka. Sehingga, up to date  terhadap tren juga berguna untuk menjaga hubungan yang sudah dibuat dengan calon-calon pelanggan tersebut.

 

Sobat Shipper, itulah 7 cara agar membuat produk kamu viral dengan cepat di TikTok Shop. Harapannya, trik-trik ini dapat membuat peningkatan keuntungan dan penjualan dan bisnis kamu, ya! Apabila kamu pusing tentang logistik dan pengiriman setelah produk kamu berhasil viral dan orderan membludak, jangan pusing lagi! Shipper selalu ada untuk membantu kamu dalam mengatur urusan logistik dan pengiriman ke seluruh kota di Indonesia.

 

Baca Juga: 6 Elemen yang Perlu Diperhatikan Agar Jualan Semakin Mantap

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×