Skip to content

5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop

Daftar isi : 

  1. Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop! 
  2. 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
  3. Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
  4. 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
  5. Belum Banyak yang Tau, Ini 6 Cara Membuat Produk Kamu Viral Dengan Cepat
  6. Mau Review Toko di TikTok Shop Bertambah, Nih 5 Rahasianya!
  7. 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
  8. Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
  9. 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
  10. Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
  11. Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
  12. Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
  13. Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini 
  14. 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
  15. Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten

 

Sobat Shipper, kalian sebagai penjual terkadang bingung dalam menentukan harga yang cocok untuk produk kalian? Terlebih, kalian ingin harga yang dimasukkan cocok dengan para calon pembeli sekaligus memberikan keuntungan. Nah, dengan berjualan lewat platform e-commerce TikTok Shop yang memiliki pengguna hingga 90 juta lebih, peluang kamu untuk menambah keuntungan menjadi lebih besar! Namun, salah satu faktor yang penting dalam menjalankan bisnis di TikTok Shop adalah penentuan harga jual produk yang tepat. Apabila harga yang dipasang terlalu tinggi, calon pembeli cenderung untuk enggan membeli produk kita. Di sisi lain, harga yang terlalu murah dapat menyebabkan penurunan citra untuk produk Sobat Shipper dan mengurangi kemungkinan keuntungan yang dapat diperoleh. Untuk menentukan harga yang tepat pada produk-produk yang hendak kamu jual, coba beberapa strategi dan rahasia ini, deh:

 

1. Melakukan riset untuk biaya produksi produk

Cara pertama untuk menentukan harga adalah dengan melakukan riset pada produk yang hendak dijual. Riset ini mencakup mencari tahu biaya produksi yang telah Sobat Shipper keluarkan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Untuk mencari tahu biaya produksi dapat dilakukan dengan cukup mudah, yakni dengan menghitung fixed cost dan variable cost.Fixed cost merupakan semua biaya yang tidak terpengaruh terhadap jumlah barang yang kamu produksi. Lebih mudahnya, ini mencakup hal-hal yang bersifat tetap, seperti sewa tempat/toko atau asuransi. Variable cost adalah semua biaya yang berubah berdasarkan berapa banyak kamu memproduksi/menjual  barang. Berarti, variable cost meningkat ketika produksi meningkat, begitu pula sebaliknya. Contoh dari variable cost adalah bahan baku, tenaga kerja, dan biaya operasional lainnya.

 

2. Melakukan riset kompetitor

Selain melakukan riset untuk produk, cara kedua untuk menentukan harga adalah dengan memperhatikan harga kompetitor agar mendapatkan harga yang kompetitif. Ini juga berguna untuk menghindari harga yang terlalu tinggi atau rendah dibandingkan dengan harga pasaran, selain itu juga membantu melihat berapa harga pasaran yang wajar untuk produk yang hendak Sobat Shipper jual. Setelah mengetahui hal ini, penentuan harga jual produk kamu juga akan sesuai dengan kualitas dan nilai produk, sekaligus menyesuaikan harga agar tetap untung.

Untuk melakukan riset kompetitor cukup mudah, kamu bisa mulai lakukan dengan cara-cara di bawah ini:

  • Membuat daftar potensial kompetitor yang menjual barang serupa
  • Membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dari kompetitor tersebut
  • Coba temukan peluang bisnis dari kelemahan kompetitor
  • Lakukan riset lintas platform

 

3. Masukkan trik psikologi dalam harga

Selain kedua cara sebelumnya, ada baiknya apabila Sobat Shipper juga mempertimbangkan trik psikologi yang dapat mempengaruhi calon pembeli. Trik psikologi yang dapat kamu gunakan cukup beragam, berikut adalah beberapa contoh dengan penjelasannya:

1. Charm Pricing

Teknik ini digunakan dengan cara mengurangi sedikit dari harga produk agar pembeli menganggap barang yang kamu jual lebih murah. Teknik ini merupakan teknik yang paling lazim untuk digunakan oleh para penjual, baik dari brand-brand besar ataupun penjual online.

Contoh: Ketika harga produk kamu Rp20,000, Sobat Shipper cantumkan Rp19,999.

2. Harga Coret

  • Teknik ini mudah digunakan untuk mencuri perhatian para calon pembeli. Kamu juga bisa memasukkan trik harga coret ini ke dalam video promosi TikTok kamu, sembari menjelaskan produk yang sedang didiskon. Strategi ini mengharuskan kamu untuk mencoret harga asli dari produk dan menaruh harga promosi di sampingnya.
  • Contoh: Rp200,000 kamu coret, dan diganti dengan Rp150,000.

 

3. Visual Harga

  • Dalam trik psikologi harga, visual juga sangat memberikan pengaruh. Jangan lupa pertimbangkan font dan penggunaan warna saat menaruh harga. Kamu bisa menuliskan harga promosi dengan ukuran font yang lebih besar dan berwarna mencolok, seperti merah agar menjadi pembeda dengan harga lain.
  • Contoh: Tulis harga promo Rp35,000 dengan warna merah agar menarik perhatian.

Nah, cukup mudah bukan? Perlu diingat bahwa penggunaan trik ini juga harus disesuaikan agar tidak memberikan kesan manipulatif bagi calon pembeli.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Strategi Tepat dalam Menetapkan Harga dan Promo Secara Baik dan Benar

4. Melakukan Perhitungan Laba dari Nilai Modal

Setelah mengetahui jumlah harga modal untuk setiap produk kamu, gunakan rumus perhitungan keuntungan/laba dalam menentukan harga jual. Contoh: kamu ingin mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari biaya modal untuk produk sepatu. Rumus yang dapat kamu gunakan adalah biaya modal + (persentasi keuntungan x biaya produksi) = harga jual. Semisal harga modalnya adalah Rp7.500, berarti Rp7.500 + (50% x Rp7.500) = Rp11.250. Sehingga, untuk mendapatkan keuntungan 50% dari setiap produk, kamu dapat menjual sebesar Rp11.250.

5. Tentukan Harga Promo

Cara terakhir adalah dengan mempertimbangkan harga promo untuk produk. Harga promo merupakan harga yang ditentukan untuk produk yang Sobat Shipper tawarkan dengan tujuan meningkatkan penjualan dan keuntungan. Biasanya, harga promo yang diberikan lebih murah dari harga normal biasanya. Tujuannya agar menarik calon pembeli untuk membeli produk di toko kamu. Selain dapat menarik perhatian calon pembeli, harga promo juga dapat meningkatkan volume penjualan kamu. Perlu diingat bahwa harus hati-hati dalam penetapan harga promo agar tidak merugikan keuntungan yang didapatkan, atau mengurangi citra produk. Untuk mengetahui trik dan contoh diskon yang dapat kamu gunakan bagi toko kamu, cek artikel ini di sebelah sini, ya!

Demikian 5 tips yang dapat Sobat Shipper gunakan dalam berjualan di TikTok Shop. Dengan adanya tips ini, diharapkan penjualan dan keuntungan toko kamu dapat meningkat. Untuk urusan logistik dan pengiriman, jangan pusing dan gunakan jasa Shipper! Kamu tinggal duduk manis dan biarkan tim Shipper yang mengatur pengiriman dan logistik untuk produk-produk kamu.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung HPP untuk Barang Jualanmu?

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×