Kiat Bisnis Sukses Di Masa Pandemi Dengan Menggunakan OCMS

Featured17 February 2022
kiat-bisnis-sukses-di-masa-pandemi-dengan-menggunakan-ocms

Pandemi covid 19 telah membawa begitu banyak transisi terhadap gaya hidup manusia. Pandemi covid 19 Indonesia misalnya, kini telah memberikan begitu banyak perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan. Seperti halnya kemerosotan pada sektor perekonomian yang menjadi salah satu dampak  covid 19 terbesar di seluruh dunia.

Oleh karenanya, di masa pandemi covid 19 ini, kini telah banyak pelaku usaha yang telah memilih untuk beralih pada teknologi digital untuk tetap bertahan melakukan  bisnis di masa pandemi, layaknya membuat marketplace, melakukan pemasaran pada media sosial, dan lain sebagainya, guna melakukan kembali roda perekonomian mereka. Salah satu platform yang seringkali diandalkan, dalam perekonomian digital ini adalah platform marketplace. Dan hadirnya Omnichannel sebagai layanan yang mensupport seller, akan sangat membantu kegiatan penjualan di beberapa marketplace.

Lantas, apa itu Omnichannel? Omnichannel atau yang memiliki arti sebagai satu saluran, merupakan bentuk dari sebuah platform yang telah terintegrasi ke berbagai saluran, yang mana pengintegrasian tersebut telah digabungkan menjadi satu, dalam suatu sistem manajemen atau pengaturan.

Tujuan pemilihan pendekatan Omnichannel adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pengalaman yang mereka peroleh, saat melakukan kegiatan pembelian terhadap marketplace atau toko tertentu milik Sobat Shipper. Dan untuk memaksimalkan pelayanan toko di banyak marketplace, Sobat Shipper bisa menggunakan Omnichannel Management System (OCMS). 

Tentu,  hadirnya Omnichannel Management System atau OCMS ini dapat menjadi hal yang amat membantu perekonomian masyarakat di era digitalisasi.  Untuk itu, pada artikel ini, Sobat Shipper akan disuguhi dengan kiat-kiat  bertahan dengan Omnichannel di masa pandemi ini.

1. Memahami OCMS yang Dapat Membantu Kinerjamu

Sebelumnya, pertama-tama kita akan akan memahami terlebih dahulu mengenai OCMS yang merupakan istilah penting dalam Omnichannel.  Berbeda dengan Order Management System (OMS) yang hanya mengatur order produk lintas marketplace, OCMS adalah sebuah sistem yang memudahkan pengaturan berbagai kegiatan marketplace secara terintegrasi seperti pengaturan informasi produk mulai dari mengganti deskripsi produk marketplace, mengedit harga produk marketplace, melakukan upload produk, pengaturan order, hingga pengelolaan stok inventori yang dapat dilakukan hanya dalam satu platform. 

Nah, OCMS ini merupakan fitur unggulan untuk membantu menjalankan bisnis omnichannel dimana ia memiliki alur kerja yang efektif, dan pengintegrasian terhadap platform e-commerce atau marketplace. Maka dari itu, penggunaan OCMS ini dapat kamu pertimbangan dan perhatikan dengan baik.

2. Kenapa Harus Menggunakan OCMS?

Kenapa harus menggunakan OCMS? Dengan hadirnya OCMS Sobat Shipper dapat mengoptimalkan beragam kinerja operasional bisnis, mulai dari peningkatan order, peninjauan ketersediaan produk, sampai pengintegrasian terhadap marketplaces. Berikut ini, Sobat Shipper akan disuguhi dengan rinci alasan kuat kenapa OCMS harus kamu digunakan, yuk kita mulai dari alasan pertama.

a) Meningkatkan Kinerja Order

Secara umum kinerja order yang dilakukan pelaku usaha dimulai dari Pelanggan melakukan order, adanya pemberitahuan terhadap order dikirimkan ke pelanggan, sampai pemberlakuan packing, yang pada akhirnya produk siap untuk dikirimkan.

Selayaknya OMS, OCMS hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pencetakan terhadap label pengiriman dan slip packing secara bersamaan, karena ia memiliki perkiraan waktu yang akurat dari berat dan dimensi akhir pengiriman.

b) Melakukan Pemeriksaan Terhadap Ketersediaan Produk

Jika penjualan produk dilakukan melalui satu saluran ecommerce atau marketplace tentu sangat mudah bagi pelaku usaha untuk melakukan pemeriksaan terhadap ketersediaan produk. Namun, lain halnya dengan penggunaan saluran yang lebih dari satu, pengaturan terhadap persediaan akan jauh lebih sulit untuk dilakukan.

Maka dari itu, OCMS umumnya  juga menghadirkan fitur inventory yang mana fitur ini memungkinkan pelaku usaha untuk saling menghubungkan antara satu marketplace dengan marketplace lainnya sehingga pengelolaan inventory barang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu platform.

c) Pengelolaan Produk

Memiliki berbagai macam saluran marketplace tentu tidak mudah, Sobat Shipper harus meluangkan waktu dari mulai mengupload foto produk, mengedit harga, mengganti deskripsi produk hingga mengatur jenis kategori ketersediaan barang secara manual di tiap-tiap marketplace. Untuk itu OCMS hadir sebagai layanan yang menyediakan fitur pengelolaan produk secara menyeluruh hanya dengan menggunakan satu platform. Layanan OCMS ini tentunya akan sangat berguna bagi para pelaku untuk usaha memanfaatkan waktu secara efektif serta meminimalisir terjadinya kesalahan input data.

d) Pengintegrasian Marketplace

Dengan menggunakan OCMS Sobat Shipper dapat mengintegrasikan berbagai macam marketplace, seperti halnya Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Dan disinilah OCMS memiliki peranan terbesar sebagai pemberi solusi yang menghadirkan efektifitas dan efisiensi. Ya, nyaris seluruh OCMS terintegrasi dengan berbagai ternama seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Hal ini dapat terjadi, karena OMS telah terintegrasi dengan berbagai layanan platform ecommerce, sehingga dapat menjadi penghubung dan penolong para pelaku usaha untuk berjualan di banyak channel.

3. Kiat Menggunakan OCMS yang Tepat

Setelah memahami berbagai peranan OCMS. Selanjutnya, untuk bertahan dengan fitur OCMS, kita perlu mengetahui kiat apa saja yang diperlukan agar OCMS yang dipilih dapat membantu kegiatan usaha dengan tepat dan tanggap. Yuk, langsung saja kita simak kiat-kiat menggunakan OCMS yang tepat berikut ini.

a) Menentukan Tujuan dan Sasaran

Sobat Shipper, langkah pertama yang perlu kamu jalankan adalah menentukan tujuan dan sasaran yang kamu miliki secara tepat dan jelas. Dimana pada tahap ini, kamu perlu melakukan diskusi dengan semua pihak yang terlibat dalam penerapan OCMS. Baik itu, anggota tim, pemasok (supplier), distributor, bahkan pelanggan sekalipun.

Ketahuilah dengan benar, dan beritahu mereka tentang tujuan peningkatan sistem yang ingin kamu terapkan, dengan menggunakan OCMS. Dengan melakukan hal tersebut, kamu pun dapat melakukan identifikasi terhadap beragam fungsi dan peranan dengan lebih mudah dan tepat.

b) Buatlah Rancangan yang Tepat dan Menyeluruh

Masuk ke langkah berikutnya yakni membuat rancangan secara tepat dan menyeluruh. Sobat Shipper tentu sudah mengetahui pentingnya menentukan tujuan dan sasaran secara tepat dan jelas. Lantas, sebuah rancangan yang komprehensif dan terstruktur, juga tidak boleh kamu abaikan ya. Dimana pada tahap ini, kamu diharuskan untuk membuat perincian, terhadap apa yang dibutuhkan dari OMS dan tujuan utama penggunaan OMS itu sendiri.

Lakukanlah perancangan sistematis dengan mengintegrasikan saluran penjualan (marketplace) dan pengelolaan inventory secara realtime.  Perancangan sistematis tersebut, nantinya akan sangat membantumu dalam melakukan pengelolaan barang untuk toko di seluruh marketplace yang kamu miliki secara mudah dan efisien. 

c) Analisis dan Jangkaulah Ruang Lingkup Vendor

Membuat perancangan secara komprehensif adalah sebuah keharusan . Dan untuk melengkapi proses perancangan yang apik, Sobat Shipper perlu melakukan peninjauan terhadap kinerja pengelolaan order, dengan merancang pertanyaan realistis, mengenai perspektifmu sebagai pembeli. Buatlah daftar pendek, lalu carilah opsi terbaik. Berikanlah hasil analisis yang telah Sobat Shipper lakukan kepada pembeli. Kemudian berikanlah kesempatan kepada pembeli, untuk melakukan interaksi secara aktif.

d) Lakukanlah Evaluasi dan Bandingkan Pilihanmu

Menentukan tujuan, sudah. Merancang dan menganalisis jangkauan juga sudah. Kira-kira apalagi yang bisa dilakukan selanjutnya ya? Yup, apalagi kalau bukan evaluasi dan perbandingan opsi. Sobat Shipper dapat melakukan pembandingan penawaran sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.Hal tersebut penting untuk kamu ketahui untuk memilih opsi OCMS terbaik.

Nah, jadi bagaimana Sobat Shipper tertarik untuk menggunakan platform Omnichannel Management System (OCMS)? Fitur OCMS ternyata sangat membantu kinerja pelaku usaha bukan?  

Maka dari itu Shipper sebagai teman kamu berjuang meluncurkan platform Atoor sebagai platform OCMS yang siap hadir guna membantu kinerja Sobat Shipper untuk mengoptimalisasikan pelayanan operasional di berbagai marketplace dengan mudah dan bebas biaya. Tentunya Atoor juga hadir agar pengelolaan inventory dan stok barang bisa terkelola dengan baik. Cek info lengkapnya di website Atoor, ya!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.