Atoor : Permudah Kelola Marketplace Hanya dalam Satu Platform

Featured20 April 2022
atoor-permudah-kelola-marketplace-hanya-dalam-satu-platform

Era digitalisasi telah menghadirkan beragam bentuk interaksi yang semakin mudah, cepat, dan efisien. Begitu pula dengan interaksi pada sektor perekonomian digital. Ya, berbagai kemajuan pesat terhadap pertumbuhan ekonomi digital tak lagi dapat dipungkiri, hingga saat ini. Salah satunya adalah teknologi digital untuk online seller yaitu omnichannel management system.

Kemajuan besar perekonomian digital, khususnya di Indonesia ini. Dapat dibuktikan karena sejalan dengan data We Are Social 2021 yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki tingkat penggunaan e-commerce tertinggi di dunia, yakni sebesar 88,1%. Jumlah yang sangat luar biasa, dan memiliki peluang besar untuk terus meningkat di setiap tahunnya.

Hal ini, tentu menjadi kabar baik bagi para pelaku usaha online, dan menjadi sebuah ladang usaha yang sangat menjanjikan bagi banyak pihak. Namun, mengelola toko di berbagai marketplace dengan baik dan tepat, tentu memiliki tantangan tersendiri bukan? 

Itulah sebabnya mengapa Shipper menghadirkan Atoor, menawarkan bantuan terhadap kegiatan penjualan dan pengelolaan toko online di banyak marketplace atau e-commerce, yang tentunya hadir untuk mengoptimalkan usaha para penjual. 

1. Mengenal Atoor Sebagai Layanan OCMS

Atoor merupakan layanan yang membantu pengelolaan bisnis omnichannel. Lalu apa itu omnichannel? Omnichannel adalah sebuah bentuk pelayanan yang memberikan metode integratif  terhadap hubungan antara pelanggan dan pengusaha. Sementara Atoor sebagai layanan  Omnichannel Management System (OCMS) adalah strategi bisnis omnichannel untuk memudahkan penjual dalam melakukan pengelolaan dari produk yang dijajakan. 

Berbeda dengan Order Management System (OMS) yang hanya mengatur order produk, OCMS memudahkan pemilik usaha untuk melakukan pengaturan berbagai kegiatan marketplace secara terintegrasi seperti pengaturan informasi produk mulai dari mengganti deskripsi produk marketplace, mengedit harga produk marketplace, melakukan upload produk, pengaturan order, hingga pengelolaan stok inventor yang dapat dilakukan hanya dalam satu platform. 

Dengan hadirnya Atoor sebagai sebuah layanan dalam bisnis omnichannel, pengguna dapat mengetahui dan melakukan peninjauan terhadap pengelolaan operasional bisnis secara secara realtime dan akurat.

Hadirnya Atoor sebagai sebuah layanan dalam bisnis omnichannel, pengguna dapat mengetahui dan melakukan peninjauan terhadap pengelolaan operasional bisnis secara secara realtime dan akurat. Dan secara singkat, OCMS menjadi sebuah bentuk pendekatan penjualan yang tersusun secara multi saluran, dan berfokus terhadap pengalaman pelanggan tanpa batas. 

2. Hadir Untuk Memudahkan Pelaku Usaha

Atoor hadir untuk menjadi sistem operasi penjualan yang bersifat all-in-one, dalam mengelola bisnis dengan cara yang lebih efektif, efisien, dan praktis. Atoor akan memulai perjalanannya pada tahun 2022, dengan memfokuskan tujuan untuk menjadi platform yang terpercaya, berkualitas, dan kompeten untuk mengelola operasi bisnis omnichannel lintas marketplace atau e-commerce.

Atoor menghadirkan berbagai kemungkinan agar kamu dapat mengelola bisnis secara utuh, di seluruh saluran dari satu dasbor dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Dengan menyajikan pelayanan yang terintegrasi, memberikan spesifikasi yang jelas terhadap produk, sampai melakukan pengaturan di berbagai saluran. Tool omnichannel management sysetem (ocms) ini tentunya telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi marketplace layaknya, Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Penyinkronan dapat dilakukan lebih mudah, dan kelola inventaris juga dapat dilakukan lebih efisien di berbagai saluran dalam suatu tempat. Visibilitas inventaris hadir penuh untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Pengelolaan produk di seluruh saluran juga dapat dilakukan secara bersamaan dan bersifat mulus

Intinya, dengan hadirnya Atoor ini pesanan di seluruh saluran dapat dilakukan dalam satu tempat, secara efektif, efisien, dan tentunya terstruktur.

3. Fitur-fitur Atoor

Atoor sebagai omni channel Indonesia menghadirkan berbagai fitur yang dapat diakses untuk mempermudah kinerja para pelaku usaha, setidaknya ada lima fitur yang disajikan oleh Atoor, diantaranya ada fitur Centralized inventory (sinkronisasi stok), Order management (Manajemen Order), Product Management (Pengelolaan Terhadap Produk), Data and insight, dan Easy onboarding. and switching experience (integrasi yang mudah, dan beralih pengalaman).

Fitur-fitur ini tentunya memiliki keunggulannya masing-masing, dan hadir sebagai solusi yang mempermudah kegiatan bisnis online. Seperti apa saja keunggulan dari fitur berikut, yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

a) Sinkronisasi stok

Fitur yang satu ini menawarkan bentuk kemudahan dalam berbisnis yang lebih efektif dan efisien. Ya, dengan adanya fitur ini, semua bentuk pelayanan penjualan dapat terintegrasi dengan lebih baik. Tentunya, dengan fitur sinkronisasi stok, kamu bisa meletakkan semua informasi inventaris dalam satu tempat. Tanpa perlu melakukan pemindahbukuan, atau melakukan penyesuaian secara manual. Ya, semua tindak penyesuaian stok dapat dilakukan, meskipun penjualan masuk dari berbagai saluran.

b) Manajemen Order

Fitur berikutnya adalah order management atau dikenal juga dengan OMS. Apa itu OMS? OMS adalah fitur yang beguna dalam tindak pelacakan, pengelolaan, dan tindak proses terhadap seluruh pesanan di berbagai saluran, dapat dilakukan di bawah naungan satu platform yaitu Atoor. Proses pengiriman label cetak massal, terima pesanan, dan tindak pelacakan terhadap pesanan dapat dilakukan dengan lebih praktis dan terstruktur.

c) Pengelolaan Terhadap Produk

Jika fitur sebelumnya menyajikan pengelolaan terhadap tindak order. Yang dilakukan berikutnya adalah pengelolaan dan pembaruan terhadap portofolio produk. Yup, tindak pengelolaan dan pembaruan ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dari satu platform, dan fitur yang satu ini akan segera hadir pada Atoor. Penyuntingan massal untuk meningkatkan efisiensi manajemen produk, dapat dilakukan dengan adanya fitur ini. Penyalinan terhadap produk juga dapat diberlakukan, untuk meningkatkan bisnis yang tentunya lebih efisien dan cepat.

d) Data and Insight

Fitur selanjutnya adalah data and insight, dengan fitur yang satu ini seluruh progres dan laporan penjualan, akan berada di bawah naungan satu platform, yang tentunya berlaku bagi semua tindak pemesanan. Dengan membuat keputusan yang cerdas dan tepat, percepatan pertumbuhan dapat kamu terapkan terhadap bisnis milikmu.

e) Integrasi yang Mudah 

Atoor memahami bahwa tidak mudah untuk Sobat Shipper melakukan tindak persiapan terhadap toko yang telah Sobat Shipper buat  di platform omnichannel. Maka dari itu, Atoor telah melakukan perancangan terhadap produk guna memastikan bahwa platform ini tidak membebani pelanggan. Dengan “Magic setup” atau yang dapat disebut sebagai fitur pengaturan ajaib. Penjual dapat meminimalkan waktu pengaturan pertama mereka.

Nah, Bagaimana Sobat Shipper tertarik untuk menggunakan platform Atoor yang satu ini? Hadir dalam berbagai bentuk fitur, Atoor memiliki tujuan yang jelas, untuk meningkatkan layanan operasional, mencegah penumpukan order, dan situasi kehabisan stok saat kebanjiran orderan sekalipun. 

Oleh karenanya, untuk menghindari hal-hal tersebut sobat Shipper bisa menggunakan  jasa omnichannel manajemen sistem yang akurat dan terpercaya, yakni Atoor. Ya, Atoor siap hadir untuk membantu Sobat Shipper dalam mengoptimalisasikan pelayanan operasional di berbagai marketplace dengan praktis dan mudah. Sehingga, bisnis yang kamu jalankan pun dapat terkelola dengan baik. Cek info lengkap mengenai Atoor di website Atoor, ya!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.