Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Digital Marketing04 August 2022
tips-sukses-menjadi-affiliate-marketer

Sobat Shipper, Sebelum merangkak lebih jauh. Ada baiknya kita kulik terlebih dahulu definisi dari affiliate marketing itu sendiri, affiliate marketing adalah model dari kiat strategi pemasaran, yang tepat untuk Sobat Shipper jalankan sebagai sebuah aktivitas bisnis. Affiliate marketing sendiri memiliki istilah lain, yang mana istilah tersebut adalah affiliate pemasaran, sama dengan affiliate marketing, affiliate pemasaran adalah strategi dari sebuah bisnis yang saat ini tengah populer untuk dijumpai.

Jenis affiliate marketing sendiri sebenarnya berbeda-beda. Namun, dari setiap jenisnya, affiliate marketing tetap menghadirkan kemudahan dalam program affiliasinya, dimana program affiliasi adalah suatu program dalam affiliate marketing yang dibentuk untuk menghadirkan kemudahan kepada affiliate marketer agar dapat bekerja secara fleksibel baik waktu maupun tempat, serta memerlukan modal yang bisa dibilang cukup minim atau bahkan tidak sama sekali.

Maka dari itu, tidak heran kalau banyak orang yang bilang bahwa affiliate marketer adalah profesi sampingan yang sangat menguntungkan dan layak untuk dicoba. Namun, untuk mendulang kesuksesan saat menjadi seorang affiliate marketer, Sobat Shipper perlu mengetahui berbagai kiat sukses yang berpeluang besar menghantarkan Sobat Shipper pada sebuah kesuksesan. Apa saja tips yang dibutuhkan berikut ini pembahasannya!

1. Mengutamakan Riset

Memangnya sepenting apa sih, riset itu? Jawabannya sangatlah penting. Ya, riset hal yang sangat penting untuk diterapkan karena menjadi akar sebuah konten. Salah satu cara menjadi affiliate marketer yang baik adalah dengan menerapkan riset yang baik pula. Mengapa demikian? Misalnya saja, kita ibaratkan bahwa konten itu adalah sebuah pohon yang memiliki bagian-bagian yang lengkap, dan untuk menghasilkan pohon yang kokoh, kita juga perlu membuat akar yang kokoh, batang yang kokoh, ranting yang kokoh, dan lain sebagainya. Dengan melakukan riset, artinya kita mengokohkan fondasi dari sebuah pohon.

Dan cara terbaik yang dapat Sobat Shipper lakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci atau keyword, untuk memastikan kata kunci se-relevan apa yang dapat kamu gunakan. Untuk itu, kamu dapat menggunakan tool Google Keyword Planner yang mampu menunjang suksesnya riset pada keyword diterapkan, atau menggunakan platform lainnya seperti KWFinder, SEMrush, dan Ubersuggest.

Riset berikutnya yang perlu Sobat Shipper terapkan adalah dengan melakukan riset terhadap kompetitor. Ya, ini merupakan tindakan riset yang perlu Sobat Shipper lakukan sebelum membuat konten secara utuh dan menyeluruh. Dimana dalam setiap usaha atau kegiatan yang diberlakukan, kita pasti akan menemui pesaing (kompetitor) yang andal. Untuk itu, dalam mengelola sebuah konten, hendaknya kamu meninjau terlebih dahulu konten yang disajikan pula oleh kompetitor, bukan untuk dijiplak ya… Kegiatan yang satu ini justru dilakukan untuk mencari sebuah referensi, dan menghadirkan konten yang terbaik serta berkualitas.

2. Menyajikan Konten yang Orisinil

Ada banyak jenis konten yang dapat Sobat Shipper sajikan, diantaranya adalah konten tips, konten pembanding, konten review, dan lain sebagainya. Ya, dari setiap jenis konten yang hadir. Untuk tiap-tiap kontennya, kamu perlu melakukan penyajian yang optimal, memiliki daya tarik, dan yang paling utama adalah orisinil.

Hadirnya sebuah konten, memang menjadi media promosi dari prosedur afiliasi. Maka dari itu, bukankah sangat tidak efektif, apabila kamu menjiplak konten milik orang lain, kemudian hanya menyisipkan tautan atau kode referral begitu saja? Tentu, hal tersebut akan mengurangi kepercayaan calon pembeli, dan menjadi hal buruk yang perlu dihindari.

3. Konten Blog Monoton dan Terkesan Membosankan

Kesalahan berikutnya juga muncul pada konten blog yang terlihat monoton dan terkesan membosankan. Tidak hanya orisinalitas, faktor daya tarik juga perlu diperhatikan sebagai bentuk upaya dalam memikat pengunjung untuk melakukan pembelian atau ikut serta bergabung. Menyajikan konten yang monoton, akan berdampak pada minimnya daya tarik yang dibentuk, dan ketidakoptimalan yang hadir pada profesi affiliate marketer yang Sobat Shipper jalankan.

Untuk menyiasati hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang timeless alias tidak lekang dengan waktu. Dimana tipe konten tips atau tutorial akan sangat efektif untuk kamu kenakan.

4. Mengetahui Betul Bentuk Produk Atau Layanan Seperti Apa yang Dipromosikan

Berikutnya adalah tidak mengetahui betul produk atau layanan seperti apa yang dipromosikan. Ya, ini merupakan sebuah kesalahan yang umumnya dibuat oleh para pemula affiliate marketer. Memandang jumlah keuntungan yang melimpah, melihat ragam kemudahan yang ditawarkan, seringkali membuat affiliate marketer menggampangkan tindak promosi, tanpa berkeinginan untuk melakukan tindak peninjauan terhadap produk tersebut.

Tentunya kesalahan seperti ini harus diantisipasi dengan melakukan peninjauan di awal, sebelum melaksanakan berbagai bentuk promosi. Karena seorang affiliate marketer sendiri, umumnya akan dipandang sebagai orang yang memiliki pemahaman matang terhadap produk atau layanan seperti apa yang tengah dipasarkan.

5. Mencoba Produk yang Kamu Promosikan

Ketika Sobat Shipper belum mengetahui betul produk atau layanan seperti apa yang dipromosikan. Maka tindak peninjauan dapat dilakukan dengan pemberlakuan proses riset, dan uji coba produk yang memang akan Sobat Shipper lakukan secara personal atau sendiri. Ya, sebelum menghadirkan promosi kepada orang lain, ada baiknya kamu mencoba produk tersebut secara personal.

Terlebih lagi, jika Sobat Shipper telah memilih opsi konten review sebagai tipe konten yang nantinya akan kamu tampilkan sebagai sebuah media promosi. Mencoba produk yang dipromosikan menjadi hal penting yang harus diterapkan, dimana nantinya konten yang kamu sajikan pun bisa terlihat lebih menarik, jujur, dan tertata dengan apik.

6. Membentuk Kesabaran dan Konsistensi

Sebuah bentuk kesuksesan didulang bentuk kesabaran dan konsistensi. Ya, dari sini kita dapat melihat bahwa dalam menjadi affiliate marketer sekalipun, apapun yang bisa didapatkan bukanlah diraih dengan sekejap mata. Semuanya perlu berproses dan harus dijalani dengan kesabaran dan konsistensi.

Apabila strategi penyesuaian konten yang Sobat Shipper terapkan sebagai affiliate marketer kali ini gagal, maka Sobat Shipper perlu melakukan percobaan selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Dimana hasil optimal ini diperoleh dari bentuk kesabaran dan konsistensi terhadap pembentukan yang kian berproses.

Oke, Sobat Shipper itu dia 5 tips Mendulang kesuksesan sebagai seorang affiliate marketer, sangat menarik untuk diterapkan bukan? Nah, untuk Sobat Shipper yang saat jnj tengah merintis bisnis jangan lupa untuk untuk mengenakan jasa otomatisasi pengelolaan inventori dan alokasi stok barang yang tepat ya…

Dimana pada saat ini operasional bisnis menjadi salah satu hal penting yang harus ditinjau dan diperhatikan. Supaya pemesanan dan stok barang terkelola dengan baik dan lancar, kamu bisa mengandalkan Atoor sebagai tools untuk mengontrol otomatisasi inventori produk. Yuk, cek informasi menarik selengkapnya tentang Atoor di Shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.