Tips Memasang Iklan Pada Google Ads

Digital Marketing04 August 2022
tips-memasang-iklan-pada-google-ads

Tips Beriklan di Googel – Mungkin banyak dari Sobat Shipper yang telah familiar dengan istilah Google AdSense atau Google Ads yang satu ini ya… Itu lho, layanan pengiklan yang dinaungi secara langsung oleh Google. Nah, Google Ads ini dapat menjadi media promosi yang amat cocok untuk Sobat Shipper gunakan terhadap jasa maupun produk milik mu sendiri lho, Sob.

Maka dari itu, bagi kamu yang tengah tertarik dengan fitur menarik dari Google yang satu ini, artikel ini akan menghadirkan informasi yang cocok untukmu tentang berbagai tips memasang iklan pada Google Ads. Memangnya apa apa saja sih tipsnya? Yuk, simak sampai tuntas!

1. Ketahui Dulu Definisinya

Istilah Google Ads, memang telah menjadi istilah yang amat sering berseliweran untuk kita jumpai dimana-mana.Tapi, sebenarnya apa itu Google Ads? Mari, kita jumpai terlebih dahulu definisi dari Google Ads itu sendiri.

Google Ads adalah sebuah layanan periklanan berbasis CPC (cost-per-click), dan merupakan layanan periklanan paling populer untuk saat ini. Nah, sistem periklanan yang hadir pada Google Ads ini, memungkinkan pemilik blog ataupun website memperoleh penghasilan terhadap iklan yang telah dipasang.

Untuk benefit sendiri bisa didapatkan oleh kedua pihak. Yakni, pihak pengiklan maupun pihak partisipan yang mengiklankan. Namun, untuk sekarang Sobat Shipper akan disuguhi informasi mengenai pihak pengiklan terlebih dahulu.  

2. Benefit Pihak Pengiklan

Yuk kita kupas tuntas, apa saja sih, benefit yang sebenarnya bisa didapatkan ketika Sobat Shipper menjadi pengiklan Google Ads.

a) Pemasaran Menjadi Lebih Akurat dan Relevan

Google mampu menargetkan layanan iklan terhadap orang yang tengah butuh jasa atau produk milik Sobat Shipper, lalu mengiklankan jasa atau produk tersebut karena dianggap relevan atau sesuai dengan kebutuhan. Dari sinilah, pemasaran bisa ditargetkan menjadi lebih akurat dan relevan

b) Menjadi Barometer Kesuksesan

Setiap interaksi yang terjadi pada iklan dapat ditinjau oleh pengiklan. Ketika pengunjung melakukan pembelian, pemesanan, dan lain sebagainya juga dapat diketahui dengan jelas. Dengan meninjau berbagai hal ini Sobat Shipper dapat mengetahui progres pengiklanan, biaya rata-rata pengeluaran, dan platform promosi yang relevan.

Berbagai media penunjang juga bisa Sobat Shipper gunakan, layaknya alat analisis yang dapat digunakan untuk meninjau kebiasaan berbelanja para pengunjung.

c) Melakukan Pengelolaan Terhadap Promosi

Akun Google Ads dapat dikelola dengan berbagai media penunjang. Yang tentunya dapat menghemat waktu, serta memungkinkan berbagai bentuk perubahan terhadap akun dengan praktis dan cepat.

3. Tips Beriklan di Google Ads 

Setelah membahas definisi dan benefit menjadi pengiklan di Google Ads, selanjutnya mari kita bahas berbagai tips mengenai cara beriklan di Google Ads dengan baik dan benar tentunya.

a) Cari Tahu Tujuan Pengiklanan

Tentukanlah apa tujuan Sobat Shipper melakukan pengiklanan dan apa yang ingin Sobat Shipper iklankan. Misalnya, kamu ingin melakukan pengiklanan terhadap suatu produk. Maka dari itu Sobat Shipper harus memastikan produk apa yang akan diiklankan, media penunjang apa saja yang akan digunakan, serta hal apa yang ingin ditingkatkan.

Jangan sampai Sobat Shipper tidak memiliki tujuan dalam melakukan pengiklanan di Google Ads. Karena pada akhirnya hal tersebut akan membawa anggapan bahwa Google Ads tidak efektif, efisien, dan hanya membuang-buang uang.

b) Dimana Lokasi Kamu Beriklan?

Google Ads menyediakan berbagai pilihan yang bisa pengiklan pilih, termasuk memilih lokasi. Ya, Google Ads dapat membuat Sobat Shipper melakukan tindak pemilihan lokasi dari iklan yang nantinya akan ditampilkan.

Termasuk dalam lingkup radius atau jarak tertentu dari toko milik Sobat Shipper, ataupun dapat melingkupi keseluruhan kawasan dan negara (baik skala nasional maupun skala internasional).

Tujuan dari ditetapkannya tempat mengiklankan pelayanan, adalah untuk mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan performa yang juga cakap. Layaknya ketika  Sobat Shipper menarget pasarkan Indonesia sebagai tempat mengiklankan layanan, untuk berbagai rinciannya Sobat Shipper dapat melakukan penambahan terhadap nama kota di Indonesia, seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Malang, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

c) Memberlakukan Riset Keyword Atau Kata Kunci

Eits… Jangan salah, tidak hanya dalam membuat konten. Dalam beriklan juga perlu lho yang namanya riset. Dan salah satu riset yang paling utama adalah riset kata kunci. Yup, riset kata kunci atau keyword ini lagi-lagi menjadi hal penting yang harus diterapkan.

Dua hal terpenting yang harus diperhatikan dalam riset kata kunci ini adalah, pastikan bahwa kata tersebut relevan dengan pelayanan yang Sobat Shipper iklankan, serta banyak digunakan oleh warganet di mesin pencarian layaknya Google.

Platform yang dapat Sobat Shipper gunakan untuk meriset kata kunci antara lain adalah Google Keywords Planner, WordTracker, KWFinder, SEMrush, dan lain sebagainya. Jangan lupa memberlakukan riset ini ya, Sob. Karena riset kata kunci merupakan faktor kesuksesan dari keberhasilan bisnis.

d) Meninjau Harga Pasang Ads dengan Tepat dan Bijak

Jangan sampai diabaikan apalagi dilupakan nih, Sob. Ya, ini adalah tahapan akhir yang harus bisa dipersiapkan sebelum iklan dibuat melalui Google Ads, dan hal yang perlu ditinjau tidak lain dan tidak bukan adalah biaya iklan google ads yang nantinya akan Sobat Shipper keluarkan.

Sebenarnya anggaran mengiklankan layanan di Google Ads dapat dikatakan amat fleksibel dan mudah. Sobat Shipper dapat menentukan anggaran ini berdasarkan besarnya ruang lingkup bisnis, kuantitas atau banyaknya anggaran, serta keuntungan yang bisa kamu peroleh. Namun, perlu untuk digaris bawahi bahwa ketika budget semakin tinggi. Maka, semakin banyak pula tingkat kunjungan, dan semakin besar juga adanya peluang dalam jumlah penjualan.

Setelah mempersiapkan berbagai hal tersebut, tahapan berikutnya yang harus Sobat Shipper terapkan adalah membuat iklan di Google Ads secara langsung. Oh iya, pastikan kamu mengunjungi website resmi mereka ya Sob.

Gimana, Sob? Sudah paham bukan, mengenai bagaimana cara beriklan dengan Google Ads? Jika sudah jangan lupa untuk melakukan evaluasi atau bentuk peninjauan ulang, agar efektivitas pengiklanan mu dapat tercapai ya, Sob. Oh, iya ketika iklan yang kamu sajikan mulai menarik minat banyak orang, dan seketika orderan pun mulai padat merayap, jangan pusing ya…

 Karena tak ada salahnya, lho untuk kamu menggunakan tools otomatisasi yang satu ini. Nah, tools otomatis ini dapat membantu kamu dalam mengelola inventori, seperti halnya pada Atoor yang bisa mengoptimalkan layanan penjualan kamu. Daripada penasaran… Yuk, langsung saja cek berbagai informasi mengenai Atoor dan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.