Tingkatkan Engagement Instagram Ads Dengan Cara Ini!

Digital Marketing04 August 2022
tingkatkan-engagement-instagram-ads-dengan-cara-ini

Cara meningkatkan engagement Instagram – Salah satu kunci dari kesuksesan sebuah bisnis, adalah pemberlakuan branding yang baik dan tepat. Begitupun pada Instagram, kunci kesuksesan sebuah akun Instagram juga terletak pada pemberlakuan brandingnya yang baik dan tepat.

Saat ini, Instagram telah menarik atensi banyak marketer yang ada di dunia berkat popularitasnya. Jelas saja, Instagram bahkan mampu memiliki jutaan pengguna aktif, menyediakan berbagai fitur unggulan, dan menjadi ladang usaha banyak orang.

Salah satu fitur unggulan yang disuguhkan oleh Instagram adalah fitur Instagram Ads atau yang biasa disebut sebagai IG Ads. Instagram Ads adalah platform pengiklanan yang mempunyai berbagai pemegang peranan penting dalam pemberlakuan branding terhadap bentuk usaha tertentu. Baik itu, produk maupun jasa pelayanan.

Namun, mengandalkan fitur IG Ads tanpa melakukan bentuk peninjauan, dan analisis terhadap aktivitas penunjang, tentu merupakan perilaku yang kurang tepat. Nah, maka dari itu, engagement pun hadir sebagai pemegang peranan penting dalam mentenarkan sebuah brand.

Bagaimana Sobat Shipper, apakah kamu masih asing dengan istilah engagement ini? Jika iya, jangan khawatir ya, Sob. Karena artikel ini akan membantu kamu dalam memahami istilah engagement itu sendiri. Yuk, langsung saja kita simak serba-serbi engagement.

1. Pentingnya Meningkatkan Engagement

Sebenarnya engagement itu apa ya? Kenapa peningkatan engagement ini penting untuk diperhatikan? Nah, untuk kamu yang belum tahu apa itu engagement, engagement sendiri memiliki alat ukur nih, Sob. Yang biasanya disebut engagement rate. Engagement rate jni merupakan  matriks basic yang digunakan dalam iklan online diberbagai platform media sosial, dimana engagement rate ini sendiri digunakan untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial.

Nah, Disetiap platform media sosial ada berbagai peninjauan engagement yang berbeda, dan untuk iklan Instagram Ads sendiri, engagementnya dapat ditinju dan diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost. Interaksi ini bisa disebut sebagai feedback yang mana feedback tersebut diberikan oleh pengguna Instagram lain.

Engagement ini menjadi penting untuk ditingkatkan karena bisa mempengaruhi keberhasilan pengiklanan. Ketika engagement mu meningkat, itu artinya daya tarik kontenmu telah terbentuk. Begitupun sebaliknya. Karena sejatinya tujuan pokok pengiklanan adalah untuk menjual suatu produk. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, peningkatan terhadap engagement sangat diperlukan.

2. Tips Meningkatkan Engagement

Sudah kenal dengan istilahnya, maka harus tahu pula kehadiran tipsnya. Kira-kira apa saja ya tips meningkatkan engagement yang bisa dilakukan? Yuk, simak ragam tips jitu berikut.

a) Berikanlah Konten Berkualitas yang Orisinil

Tonjolkan ciri khas brand mu. Berikan konten yang berkualitas dan orisinil, dengan ini kamu dapat membangun awareness pengunjung, dan menghantarkan pada ketertarikan. Tindakan-tindakan lain seperti melakukan riset dan mencari referensi konten dari kompetitor memang dapat dilakukan. Tapi, menyajikan konten yang berkualitas dan orisinil merupakan kunci keberhasilannya.

b) Tampilkan Visualisasi Konten yang Memanjakan Mata

Poleslah konten milikmu dengan visual yang dapat memanjakan mata. Berikanlah gambar panorama, atau padukan latar belakang konten dengan warna solid, memberi hiasan yang sewajarnya, dan menampilkan kesan manis dengan isi konten di dalamnya.

c) Lakukanlah Posting Konten Secara Berkala

Lakukan kegiatan posting konten secara berkala. Dimana kamu juga bisa merencanakan penjadwalan dengan tertata. Usahakan tetap menjaga kualitas dari konten yang kamu posting di setiap waktunya, lakukanlah selingan konten untuk beberapa masa, dan berikanlah konten anti monoton yang bisa menarik atensi banyak mata.

d) Manfaatkan Fitur-fitur Instagram Untuk Berinteraksi dengan Followers

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini Instagram telah menyediakan begitu banyak fitur. Seperti Stories Instagram, feed Instagram, reels Instagram, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk berinteraksi aktif dengan pengunjung.

Seperti halnya pada fitur stories, kamu bisa berinteraksi dengan followers dengan salah satu fitur yang ada di dalamnya, seperti QnA, jajak pendapat, dan masih banyak lagi. Begitupun dengan feed dan reels kamu bisa mengajak followers berinteraksi dengan fitur ini melalui kolom komentar. Jadi, pastikan kamu membangun hubungan yang baik dengan followers ya, Sob.

e) Memilah Hastag yang Tepat

Sebelum melakukan posting konten, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai hastag. Ya, hastag menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Dimana dengan hastag postingan mu dapat dikenal dan dijumpai dengan mudah. Terlebih untuk hastag yang memiliki pengikut dalam jumlah banyak. Hastag dengan kategori tersebut juga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Eits, tapi jangan lupa untuk memastikan bahwa hastag yang kamu tetapkan relevan dengan produk yang diiklankan ya. Pastikan pula, bahwa hastag yang kamu berikan tidak keliru dan tepat.

f) Memilah Fitur dan Memenuhi Ketentuannya

Jangan hanya terpaku dengan satu fitur, Instagram telah menghadirkan begitu banyak fitur yang bisa kamu gunakan, lho. Misal saat ini kamu tengah berada di zona nyaman fitur feed, jangan lupa juga untuk mencoba fitur lainnya seperti reels dan stories. Dimana kedua fitur ini akan sangat membantu kamu dalam menyajikan konten yang anti monoton, menarik, dan unik.

g) Optimalkan Promosi Konten dengan Sharing dan Penyediaan Testimoni

Kamu bisa meningkatkan engagement dengan melakukan optimalisasi terhadap promosi suatu konten. Dimana saat mempublikasikan konten, kamu bisa mempromosikannya melalui stories dan platform media sosial lainnya. Sebarkan konten promosi mu kepada teman, keluarga, ataupun kerabat.

Dengan hal itu, mereka dapat memberikan interaksi terhadap konten yang Sobat Shipper sajikan. Pemberian testimoni pun juga dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement, dimana penyediaan testimoni ini juga bagian dari pengoptimalan konten yang bisa diterapkan.

h) Melakukan Evaluasi Terhadap Tindak Promosi

Terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah evaluasi terhadap tindak promosi. Dimana tindak promosi dilakukan dapat dinilai efektif atau tidaknya dengan melakukan evaluasi. Ya, evaluasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dimana dengan melakukan evaluasi kamu bisa menentukan, terpenuhinya suatu tujuan dan tercapainya suatu indikator keberhasilan.

Jadi, pastikan kamu melakukan evaluasi terhadap konten dengan baik dan benar ya. Lihatlah feedback dari pengunjung, dan terimalah bentuk saran maupun masukan.

Nah, Sobat Shipper itu dia berbagai tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement. Jadi, apakah kamu tertarik menerapkan tips-tips berikut? Kalau begitu memperhatikan operasional bisnis tidak boleh sampai dilewatkan.

Ya, penggunaan jasa otomatisasi terhadap pengelolaan inventori dan alokasi stok yang tepat. Menjadi solusi untuk kamu yang ingin meninjau operasional bisnis secara tepat dan cermat. Dimana pemesanan dan stok barang bisa dikontrol dengan baik, dan invertori produk pun juga bisa dihandle secara otomatis.

Saat ini, Atoor hadir memenuhi kebutuhan bisnis Sobat Shipper. Yang mana ia telah menghadirkan tools yang membantu terpenuhinya pengelolaan operasional bisnis. Dengan Harganya kompetitif, dan kualitas yang terjamin. Yuk, langsung saja cek informasi menarik tentang Atoor di Shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.