Serba-serbi Google Ads yang Penting Kamu Ketahui

Digital Marketing04 August 2022
serba-serbi-google-ads-yang-penting-kamu-ketahui

Apa itu Google Ads – Sobat Shipper, pernah dengar apa itu Google Ads? Yup, Google AdWords atau yang sering kali disebut sebagai Google Ads (Google iklan), merupakan layanan periklanan yang paling populer saat ini. Hingga sekarang, Google Ads telah membantu banyak orang untuk mengiklankan. Dengan Google Ads, Sobat Shipper mampu menayangkan iklan yang apik dan relevan bagi para pengunjung.

Pada artikel ini Sobat Shipper akan disuguhi dengan serba-serbi Google Ads. Baik tentang latar belakangnya, cara kerja, sampai manfaat Google Ads itu sendiri.

1. Definisi Google Ads

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Google Ads merupakan layanan periklanan yang paling populer untuk saat ini. Dengan adanya  Google Ads amat memungkinkan bagi Sobat Shipper memberlakukan pengiklanan terhadap produk maupun jasa yang nantinya dapat digunakan, serta meninggikan traffic terhadap suatu situs bisnis.

Singkatnya, prosedur kerja yang dihadirkan oleh Google Ads ini mengacu pada minat pengguna internet. Seperti halnya ketika tengah mencari hotel murah di mesin pencarian Google, maka nantinya deretan iklan hotel murah tersebut dapat tampil dan akan terus berubah mengikuti minat pencarian yang telah tersimpan pada browser.

2. Latar Belakang Kemunculan Google Ads

Oh iya, Sobat Shipper sudah tahu belum? Bahwa ada fakta menarik lho, tentang kemunculan Google Ads ini. Yup, faktanya Google Ads ini berbeda lho dengan Google AdSense, yang mana awalnya Google Ads sendiri memiliki nama Google AdWords. Dan Perilisannya pun terpaut tiga tahun sebelum Google AdSense muncul, yang tepatnya adalah di tahun 2000.

Google Ads ini secara garis besarnya dapat dikatakan sebagai fitur dari Google, yang memunculkan beragam pencarian berbayar atau iklan berbayar, yang dapat diperoleh dari hasil pencarian pada Google. Dengan adanya Google Ads, Sobat Shipper dapat menampilkan iklan di hasil pencarian Google, untuk keyword tertentu yang relevan dengan bisnis yang nantinya dijalankan.

3. Perbedaan Signifikan Google Ads dengan Google AdSense

Sekilas istilahnya terlihat sama, namun sebenarnya baik Google Ads maupun Google AdSense ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho, Sob.

Ya, pada tahap ini kita akan membahas perbedaan signifikan seperti apa yang muncul terhadap kedua fitur Google ini, dan berikut adalah berbagai perbedaan signifikan yang muncul pada Google Ads dan Google AdSense.

1. Tahun Perilisan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google Ads dan Google AdSense ini dirilis di tahun yang berbeda, tepatnya terpaut tiga tahun. Yang mana Google Ads dirilis pada tahun 2000, sementara Google AdSense dirilis pada tahun 2003.

Nah, fakta menariknya Google AdSense ini dirilis di tahun yang sama, dan diakuisisi pula dari perusahaan yang sama dengan platform Blogger. Yup, mereka sama-sama dirilis di tahun 2003, dan diakuisisi oleh Google terhadap perusahaan bernama Pyra Labs.

2. Tujuan Pemakaian

Perbedaan signifikan selanjutnya pada dua fitur ini memiliki tujuan pemakaian yang berbeda, meskipun dalam satu platform yang dapat dikatakan sama.

Pertama adalah pada Google AdSense, dimana Google AdSense ini ditujukan kepada penayang atau publisher. Ketika Sobat Shipper memiliki blog ataupun situs web. Maka, fitur Google AdSense ini akan sangat membantu, karena monetisasi dapat dilakukan berdasarkan kuantitas interaksi pada iklan.

Sementara Fitur Google Ads ditujukan kepada pengiklan.  Yang mana, ketika Sobat Shipper memiliki keinginan untuk mengiklankan suatu produk atau jasa di sebuah platform, dan memiliki tujuan besar untuk mengembangkan sekaligus memajukan bisnis tersebut, maka Google Ads sendiri akan sangat cocok untuk Sobat Shipper terapkan. Berbagai iklan dari jasa maupun produk yang Sobat Shipper tawarkan,  akan muncul di hasil penelusuran dan jaringan situs penayangan milik Google.

4. Perlu Apa Saja Untuk Mendapatkan Google Ads?

Google Ads dapat membawa Sobat Shipper untuk beriklan di jaringan pencarian Google (termasuk situs-situs mesin pencarian seperti lainnya layaknya AOL dan Ask.com). Setelahnya jaringan Google Display Network yaitu content site, akan muncul sesuai target konsumen dan bukan dari hasil pencarian.

Dengan adanya Google Ads, pengiklan akan membayar biaya dengan jumlah tertentu kepada Google. Biaya yang dibayarkan dapat berupa interaksi seperti, per klik iklan, atau satu per satu tayangan iklan.  Yang mana Google Ads ini dipasang di situs web milik publisher, dan memungkinkan  mereka untuk melakukan kegiatan monetisasi. Hal ini ditunjukkan agar seorang publisher dapat menghasilkan uang dari iklan Google Ads yang relevan, dan nantinya akan ditampilkan di antara konten mereka.

Beberapa hal yang perlu ditinjau dalam Google Ads antara lain adalah Alamat situs web, Bahasa situs web Jenis akun (individu atau bisnis), Nama lengkap Sobat Shipper, Alamat rumah, dan Nomor telepon.

5. Manfaat Berpartisipasi dalam Google Ads?

1. Menjadi Daya Tarik Banyak Orang dengan Kategori Lebih Spesifik

Ketika perencanaan dan tindak promosi diatur dengan bijak di Google Ads, maka iklan yang nantinya akan ditampilkan amat bisa menjadi daya tarik bagi banyak orang, dan bahkan mereka berpotensi menjadi pelanggan mu lho, Sob.

2. Memiliki Banyak Fleksibilitas

Tahukah kamu, manfaat lain yang dapat diperoleh dari beriklan di Google Ads adalah munculnya banyak fleksibilitas? Yup, untuk Sobat Shipper yang baru saja merintis bisnis ataupun telah membentuk bisnis yang cukup besar, dapat selalu memanfaatkan fitur ini sebagai layanan pengiklanan.

Google Ads juga telah disesuaikan dengan ragam platform pemasaran lain, ataupun perangkat lunak yang umum digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tentu, hal ini amat sangat memudahkan para pengiklan bukan? Selain itu, sisi biaya juga sama fleksibelnya, karena pengelolaan budget iklan bisa dihitung per harinya. Teks dan penggambaran iklan pun juga dapat didesain secara fleksibel.

3. Mengoptimalkan Sasaran Pelanggan

Jangan sampai kamu menganggap bahwa Google Ads hanya akan membuang uang, tidak efektif, dan tidak efisien. Karena ketika Google Ads digunakan dengan benar, dan dengan tujuan yang benar pula, maka Sobat Shipper akan mendapatkan begitu banyak elemen berharga layaknya sebuah data.

Ya, data seorang konsumen itu merupakan elemen berharga yang bisa kita dapatkan dari peluncuran iklan Google ini. Menerapkan pemahaman tentang apa yang konsumen butuhkan, menjadi sebuah langkah tepat dalam membentuk penyampaian persuasif terhadap calon pelanggan.

Nah Sobat Shipper, itu dia serba-serbi mengenai Google AdWords yang ternyata sangat menarik untuk diketahui bukan? Maka dari itu, fitur Google Ads ini amat penting untuk dioptimalkan dengan baik dan benar. Berbagai cara yang bisa Sobat Shipper lakukan untuk mengoptimalkan fitur Google Ads, adalah dengan mengoptimalkan pula kualitas dan daya tarik iklan yang nantinya akan Sobat Shipper tayangkan.

Selain mengoptimalkan Google Ads, jangan lupa untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan juga ya, Sobat Shipper. Dimana saat ini, kamu dapat dengan mudah mengoptimalkan operasional bisnis dengan menggunakan sebuah  jasa otomatisasi pengelolaan inventori dan alokasi stok barang yang cermat dan tepat.

Yang tak lain dan tak bukan merupakan Atoor. Ya, Atoor mampu mengelola inventori produk secara otomatis. Memiliki harga yang kompetitif, hadir dengan berbagai tools menarik, dan memiliki jaminan kualitas. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan Atoor? Informasi menarik mengenai Atoor dapat langsung cek di Shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.