Skip to content

Kiat Marketing dengan Budget Minim

Sobat Shipper, tentu kamu mempunyai keinginan besar untuk memiliki bisnis dan produk yang dikenal oleh banyak orang bukan? Ya, tentu hal tersebut merupakan keinginan terbesar para pebisnis, terutama bagi para pebisnis perintis yang baru saja memulai kegiatan berwirausahanya.

Saat ini, aktivitas jualan online semakin diminati oleh pelaku usaha, cara jualan laris di marketplace pun semakin sering dicari-cari untuk terus mendulang keuntungan, dengan usaha yang optimal. Tapi… sobat Shipper sadar tidak? Bahwa kesuksesan suatu usaha juga dipengaruhi oleh tindak promosi jualan online yang kamu terapkan, lho.

Nah, mungkin tak sedikit Sobat Shipper yang memiliki keinginan untuk mewujudkan tindak promosi yang baik dan tepat, namun masih ragu untuk merealisasikannya, karena takut akan memakan waktu dan biaya dalam jumlah yang besar.

Maka dari itu, pada artikel kali ini Sobat Shipper akan disuguhkan informasi mengenai kiat marketing dengan budget minim. Yang tentunya, akan membantumu dalam membentuk strategi pemasaran produk yang murah dan efektif.

Kira-kira apa saja ya kiat yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut? Yuk, Sobat Shipper langsung saja kita simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Mengetahui dan Menetapkan Target Pasar

Poin pertama yang perlu Sobat Shipper perhatikan untuk menjalankan kiat marketing dengan budget minim adalah mengetahui dan menetapkan target pasar. Ya, sebelum merangkak lebih jauh, dalam dunia bisnis sendiri kamu memang dianjurkan untuk memasang target pasar terlebih dahulu.

Memangnya, apa tujuan ditetapkannya target pasar? Tentu saja hal ini diperlukan agar kamu dapat menjalankan pengiklanan secara efisien dan efektif. Dimana Sobat Shipper perlu menentukan target pasar yang memiliki relevansi produk yang diiklankan, untuk mengoptimalkan berlangsungnya tindak pemasaran.

Memahami Era Baru Marketing Bekerja

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pada era digitalisasi, nyaris semua cara-cara lama dirancang kembali menjadi lebih praktis dan mudah. Hal tersebut juga berlaku pada pembentukan strategi marketing alias pemasaran. Dimana untuk menerapkan strategi marketing yang baik dan benar, Sobat memerlukan peranan digitalisasi yang dapat menunjang kegiatan marketing agar berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam masalah perniagaan misalnya, berbagai marketplace tak lagi asing untuk dijumpai dan aktivitas jualan online kian terus diminati.

Nah, salah satu istilah yang tengah umum untuk dijumpai dalam dunia marketing ini adalah content marketing, dimana istilah content marketing ini sendiri dapat dikategorikan dalam berbagai bentuk, layaknya billboard, banner, flyer, dan lain sebagainya.

Namun, pembuatan content marketing tersebut, umumnya memiliki biaya yang relatif mahal dan sulit untuk dijangkau oleh para pebisnis UMKM. Oleh karenanya, era digitalisasi pun membawa perubahan baru untuk mengubah cara kerja marketing yang lebih efektif, efisien, dan murah.

Dimana cara kerja marketing ini dapat disebut sebagai digital marketing, yang mampu menunjang kegiatan promosi jualan online. Ada begitu banyak marketplace dan contoh content digital marketing yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja sebuah blog, infografis, postingan di berbagai platform media sosial, dan masih banyak lagi.

Dan untuk menguasai cara jualan cepat laku di Tokopedia misalnya, Sobat Shipper perlu memahami berjalannya era baru ini. Oleh karenanya, dengan memiliki harga yang terjangkau, dan target pasar yang luas. Sobat Shipper dapat mengandalkan berbagai bentuk digital marketing untuk pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

Menjalankan Content Marketing

Menjadi terobosan baru di era pemasaran digital masa kini. Adanya content marketing, dapat menjadi salah satu media pemasaran tepat, yang dapat kamu andalkan untuk mengoptimalkan performa pengiklanan, dengan menyuguhkan pemasaran yang berkualitas dan budget yang minim.

Lantas, content marketing sendiri , sebenarnya dapat disajikan dalam bentuk apa saja ya? Nah, ada banyak content marketing yang dapat kamu hadirkan, dan bahkan sering sekali untuk ditemui. Misalnya saja tulisan-tulisan dalam bentuk artikel yang ada pada blog atau website. Serta konten-konten video dan foto yang sering bertebaran di sosial media.

Kemudian, untuk menyajikan content marketing ini. Hal penting yang perlu Sobat Shipper perhatikan adalah, Sobat Shipper perlu menyajikan konten-konten pemasaran ini dengan kualitas yang baik, orisinil, dan memiliki daya tarik. Sehingga, dari content marketing yang kamu hasilkan tersebut. Sobat Shipper, dapat memperoleh penjualan dan mendapatkan pelanggan.

Memaksimalkan Platform Media sosial

Berikutnya yang tak kalah penting untuk Sobat Shipper terapkan adalah memaksimalkan penggunaan platform media sosial. Ya, tindakan yang satu ini tak kalah penting untuk diterapkan, terlebih jika kamu menentukan target pasar layaknya milenial.

Tentunya, di era digital seperti saat ini, pengguna media sosial akan terus meningkat, dan platform media sosial itu sedang juga akan terus menerus mengalami perkembangan. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan potensi ketertarikan dan biaya yang dikeluarkan, kamu perlu memaksimalkan cara jualan online di Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya, menjadi langkah tepat yang dapat kamu terapkan.

Optimasi SEO

Menjadi strategi yang tepat untuk diterapkan, optimasi SEO menjadi salah satu langkah tepat yang dapat Sobat Shipper terapkan untuk meningkatkan brand awareness suatu produk, dengan biaya yang seminimal mungkin tentunya.

Nah, untuk meningkatkan optimasi SEO ini, Sobat Shipper bisa memanfaatkan berbagai tools yang ada. Baik dalam melakukan riset, meninjau penggunaan kata kunci atau keyword, sampai mengkaji ulang relevansi pengiklanan.

Maka dari itu, ketika Sobat Shipper telah memiliki konten yang berkualitas dan orisinil. Jangan lupa untuk meningkatkan optimasi SEO ini ya… Karena kegiatan ini akan amat membantumu, dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat diandalkan.

Menghadirkan Optimasi dan Menyesuaikan Ketersediaan Anggaran

Kiat terakhir yang akan disajikan adalah menghadirkan optimalisasi dan menyesuaikan ketersediaan anggaran. Lantas apa yang dimaksud dengan Optimasi? Dan bentuk-bentuk optimalisasi seperti apa yang dapat disajikan?

Nah, optimasi sendiri merupakan bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan aktivitas penjualan. Bentuk-bentuk optimasi sendiri sebenarnya ada beragam. Seperti misalnya bergabung dengan komunitas pebisnis online, dimana dengan hal ini Sobat Shipper dapat mengoptimalkan aktivitas penjualan.

Terakhir dan tak boleh terlupakan adalah penyesuaian terhadap ketersediaan anggaran. Yup, apapun bagaimanapun bentuk pengiklanan yang Sobat Shipper sajikan, dan apapun macamnya. Kamu juga perlu melakukan peninjauan dan pertimbangan terhadap strategi marketing yang kamu terapkan.

Hal ini perlu dilakukan, agar Sobat Shipper dapat menjalankan pemasaran dengan memperhatikan betul budget secara matang.

Nah, Sobat Shipper itu dia berbagai kiat marketing dengan budget minim, yang dapat kamu realisasikan. Nah, jika kamu telah berhasil mengoptimalkan strategi pemasaran. Maka selanjutnya, kamu juga perlu mengoptimalkan operasional bisnis yang berjalan.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tentu saja, agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar. Oleh karenanya, Atoor pun hadir sebagai platform omnichannel ternama. Yang dapat Sobat Shipper andalkan dalam mengoptimalkan operasional bisnis.

Bagaimana, tertarik dengan platform Atoor yang satu ini? Yuk, intip berbagai fitur keren Atoor dan telisik informasi mengenai Atoor lebih lanjut!

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×