Ingin Branding Sukses? Ini Unsur-Unsur Branding yang Perlu Kamu Tahu!

Branding09 November 2022
unsur-unsur-branding

Daftar Isi:
1. Apa Itu Branding
2. Unsur-unsur Branding
2.1 Cara Membuat Logo 
2.2 Kesalahan dalam Membuat Logo
2.3 Aplikasi Pembuat Logo Gratis
2.4 Contoh-contoh Logo yang Baik
2.5 Cara Membuat Nama Brand
2.6 Cara Menentukan Warna Brand
2.7 Cara Agar Slogan Mudah Diingat
2.8 Tips Membuat Desain Kemasan Murah
2.9 Instagram Sebagai Media Branding Efektif
3. Strategi Branding
4. Kesalahan dalam Branding Produk

Sobat Shipper, apakah kamu sedang mengembangkan bisnis atau berencana memulai bisnis? Branding menjadi hal yang penting dalam perkembangan suatu perusahaan terkait pengenalan produk hingga meningkatkan penjualan. Proses branding dalam strategi pemasaran tak terlepas dari pemanfaatan unsur-unsur branding dengan tepat. Apa yang dimaksud unsur-unsur branding?

Unsur-unsur branding adalah elemen yang penting dalam membangun identitas brand atau produk. Tanpa unsur-unsur branding, maka proses pengenalan dan pemasaran produk akan sia-sia. Tujuan dari memahami unsur-unsur branding supaya suatu brand atau produk bisa dikenal dan diterima dengan baik oleh masyarakat luas. 

Untuk lebih jelas, yuk simak apa saja unsur-unsur branding yang perlu Sobat Shipper tahu!

1. Visi dan Misi Branding

Visi dan misi branding adalah unsur dasar dalam melakukan proses branding. Misi misi bertujuan sebagai pondasi brand yang akan dikenalkan kepada masyarakat luas. Misi mencakup solusi yang diberikan oleh brand terhadap masalah yang dialami pelanggan. Sedangkan, visi adalah tujuan yang ingin dicapai sebuah brand secara jangka panjang. 

2. Nama Brand

Nama brand atau nama merek merupakan elemen penting dalam branding. Nama brand bertujuan sebagai identitas utama sebuah brand atau produk agar mudah dikenali masyarakat. Maka dari itu, nama brand harus dipilih secara unik, mempunyai ciri khas, disesuaikan dengan produk dan target pasarnya. Pembuatan nama brand bisa disebut gampang-gampang susah, ada usaha dan proses kreatif di dalamnya.

Contoh nama brand yang terkenal di bidang sosial media ada Facebook, H&M di bidang fashion dan HP di bidang komputer. Dari contoh nama brand tersebut bisa disimpulkan bahwa pembuatan nama brand tidak perlu rumit, justru penting membuat nama brand yang simpel agar mudah diingat masyarakat.

3. Logo Brand

Logo adalah salah satu dari unsur-unsur branding yang cukup erat kaitannya dengan nama brand. Logo adalah visual yang menjelaskan identitas suatu perusahaan yang terdiri dari beberapa elemen. Elemen pembentuk logo di antaranya bentuk, warna, filosofi dan jenis huruf. Beberapa jenis logo di antaranya adalah letter mark, logo abstrak, logo maskot, logo lambang dan sebagainya. 

Tujuan pembuatan logo adalah membantu proses branding dan marketing dalam penggambaran identitas perusahaan. Logo sebagai pemberi informasi, kontrol, motivasi, menyalurkan emosi dan presentasi brand. Logo harus unik dan sesuai dengan identitas brand. Logo juga harus mempunyai arti, mudah dikenali dan meninggalkan kesan bagi konsumen. 

Contohnya pada perusahaan Apple yang menggunakan logo apel tergigit. Gigitan pada apel terinspirasi dari kata byte yang dalam pengucapannya mirip dengan bite. Begitu juga ketika Sobat Shipper ingin membuat sebuah logo, tipsnya tidak perlu rumit tapi sederhana namun bermakna. 

4. Tampilan Visual

Tampilan visual di sini berarti gabungan dari logo dan warna brand. Tampilan visual yang kemudian akan digunakan pada setiap desain produk, kemasan, brosur, seragam dan sebagainya. Pemilihan warna brand untuk keperluan branding biasanya dilandasi alasan tertentu. 

Contohnya warna brand atau warna untuk logo makanan yang sering menggunakan warna kuning. Hal ini berkaitan dengan psikologi warna. Warna kuning menggambarkan kebahagiaan. Kuning cocok sebagai image brand makanan yang mengharapkan pelanggan merasa bahagia setelah menyantap makanannya. 

Jangan takut dalam bereksperimen menentukan tampilan visual yang cocok untuk brand kamu. Carilah referensi atau minta pendapat dari orang-orang yang kamu percaya. Tampilan visual brand sebaiknya dibuat fleksibel yaitu bisa digunakan di media apa pun.  

5. Juru Bicara

Juru bicara pada unsur-unsur branding berguna untuk mengenalkan brand atau produk. Co-founder, maskot, tokoh atau orang terkenal yang menjadi brand ambassador merupakan juru bicara brand. Juru bicara ini akan aktif dalam memperkenalkan brand atau produk ke masyarakat luas. 

6. Kata-Kata

Kata-kata menjadi salah satu unsur penting dalam branding. Kata-kata berupa slogan, tagline atau akronim akan memberikan kesan unik pada pelanggan. Kata-kata di sini fungsinya untuk melengkapi nama brand. Dalam membuat kata-kata ini haruslah bersifat positif, unik dan mudah diingat.

Contoh tagline produk terkenal pada Teh Botol yaitu, “Apa pun makanannya, minumnya? Teh botol sosro!” Salah satu tujuan tagline produk adalah memberi pesan kuat dalam kalimat singkat yang berkesan dan sesuai dengan target market. 

Berikut tips dalam membuat tagline brand yaitu: 

  • Padat, kuat, jelas dan mudah diingat.
  • Sesuai dengan brand, produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Tunjukan keunggulan brand melalui tagline tersebut.
  • Mengenali siapa target konsumen kamu agar bisa menerima tagline brand dengan baik. 
  • Bersifat ajakan atau persuasif. 
  • Buatlah yang unik dan jangan meniru dari tagline produk yang sudah ada. 

7. Suara

Beberapa brand memasukan suara dalam unsur branding-nya. Suara di sini bisa berupa lagu tematik yang mudah diingat pelanggan. Contohnya, jika Sobat Shipper memasuki sebuah minimarket kemudian diputar lagu yang liriknya seputar brand atau keunggulan brand dan sebagainya. Dalam pembuatan lagu tematik atau jingle untuk kebutuhan branding bisa juga memasukkan tagline produk.

8. Aset Tambahan

Selain unsur-unsur branding yang sudah disebutkan, ada aset tambahan yang juga penting dalam branding. Aset tambahan dalam branding offline seperti kartu nama, brosur cetak, spanduk, baliho dan sebagainya. Sedangkan, aset dalam branding online bisa berupa website dan media sosial. 

a. Website 

Website sebagai langkah awal branding di era digital seperti saat ini. Manfaat website dalam branding sangatlah banyak. Apa saja manfaat website dalam keperluan branding

  • Sebagai media yang memberikan informasi terkait brand kepada konsumen. Seperti informasi produk, diskon, promo, event, dan sebagainya.
  • Sebagai media untuk membangun kedekatan dengan konsumen.
  • Meningkatkan kredibilitas suatu brand.
  • Menjangkau target market seluas-luasnya, bahkan bisa menjangkau pelanggan internasional. 

b. Media Sosial 

Selain website, media sosial juga sangat penting dalam proses branding. Sebuah brand wajib memiliki media sosial yang aktif dan interaktif. Apa saja manfaat media sosial untuk bisnis?

  • Menarik minat konsumen dengan lebih tepat sasaran.
  • Memperluas target pemasaran produk dan meningkatkan penjualan.
  • Memudahkan untuk mendapat respon atau masukan dari pelanggan secara langsung.
  • Sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Sobat Shipper, itulah unsur-unsur branding yang perlu ada dalam proses pengenalan suatu brand dan produk ke pelanggan. Semua unsur tersebut saling berhubungan untuk memaksimalkan strategi pemasaran baik secara online maupun offline. Membuat campaign dan membuat iklan digital sebagai salah satu saluran komunikasi untuk meningkatkan tujuan branding. Sobat Shipper, siap memulai branding bisnis? Mulailah memenuhi satu per satu dari unsur-unsur branding dengan baik.

Dalam proses branding, Sobat Shipper akan membutuhkan bantuan dari pihak dan media lain. Salah satunya, Sobat Shipper membutuhkan layanan logistik dan warehouse terbaik untuk mengembangkan bisnis dan menjaga kepercayaan konsumen. Klik https://shipper.id untuk tahu apa saja layanan Shipper!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Strategi Branding yang Bikin Bisnis Makin Sukses!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.