Tips Membuat Desain Kemasan yang Murah dengan Branding Kuat

Branding09 November 2022
tips-membuat-desain-kemasan

Daftar Isi:
1. Apa Itu Branding
2. Unsur-unsur Branding
2.1 Cara Membuat Logo 
2.2 Kesalahan dalam Membuat Logo
2.3 Aplikasi Pembuat Logo Gratis
2.4 Contoh-contoh Logo yang Baik
2.5 Cara Membuat Nama Brand
2.6 Cara Menentukan Warna Brand
2.7 Cara Agar Slogan Mudah Diingat
2.8 Tips Membuat Desain Kemasan Murah
2.9 Instagram Sebagai Media Branding Efektif
3. Strategi Branding
4. Kesalahan dalam Branding Produk

Sobat Shipper, tahukah mengapa desain kemasan penting bagi brand? Kemasan atau packaging fungsinya tidak sebatas pelindung produk, namun kemasan juga penting dalam proses branding. Maka dari itu, desain packaging harus dipikirkan baik-baik agar bisa dijadikan media promosi untuk meningkatkan brand awareness.

Perkembangan dunia digital memberi tantangan baru pada para pelaku bisnis untuk membuat strategi pemasaran yang kompetitif. Salah satu caranya dengan menjadikan packaging sebagai media promosi. Desain kemasan yang unik akan lebih mudah menarik minat konsumen. Selain itu, kemasan yang unik juga memberikan kesan tersendiri pada pelanggan. Tak jarang, seseorang membeli suatu produk karena tertarik dengan kemasan yang menarik.

Lalu, bagaimana cara membuat desain kemasan produk yang menarik? Yuk, simak tips membuat desain kemasan yang murah dengan branding yang kuat!

Baca juga : Ingin Branding Sukses? Ini Unsur-Unsur Branding yang Perlu Kamu Tahu!

1. Kenali Target Pasar Kamu

Target pasar adalah salah satu faktor penting ketika membuat kemasan produk. Ketika menciptakan sebuah produk, Sobat Shipper pasti sudah memiliki target pelanggan. Sebab, setiap produk punya manfaat dan kriteria tertentu yang dibutuhkan seseorang. 

Mengenali target pasar tidak hanya berguna dalam pengembangan kualitas produk, tapi juga menjadi inspirasi dalam membuat kemasan produk. Spesifikasi pelanggan bisa ditentukan dari jenis kelamin, usia, tempat mereka membeli produk, informasi yang mereka butuhkan tentang produk dan sebagainya. 

Contoh, jika produk yang kamu jual adalah pakaian, target pasarnya wanita, usia 17-30 tahun, penjualan produk online dan offline. Maka detail yang bisa digunakan dalam desain kemasan kira-kira sebagai berikut: 

  • Wanita remaja dan dewasa muda menyukai warna-warna feminin yang soft atau minimalis.
  • Ada penjualan online berarti packaging tidak cukup hanya plastik tipis, perlu menambahkan boks kardus atau jenis kemasan yang lebih aman dalam pengiriman produk.  
  • Informasi yang bisa disertakan dalam packaging adalah identitas brand yaitu merek, logo, warna, tagline produk jika ada. Selain itu, bisa beri sedikit tips perawatan pakaian sesuai bahannya. 

Contoh lain, produk makanan anak-anak berarti perlu desain kemasan yang menarik bagi anak-anak. Misalnya, desain packaging produk dengan warna cerah, desainnya ceria dengan gambar-gambar lucu. 

2. Memilih Kemasan yang Tepat untuk Produk

Setelah mengetahui siapa target pasar kamu, selanjutnya adalah memilih jenis kemasan berdasarkan produk. Tiap produk berbeda membutuhkan kemasan yang berbeda pula. Hal ini berdasarkan jenis kemasan, bahan yang digunakan dan budget pemasaran produk kamu. 

Cara membuat packaging yang baik adalah efektif untuk melindungi produk dengan biaya yang seminimal mungkin. Maka dari itu, Sobat Shipper perlu melakukan riset bahan kemasan yang cocok, berkualitas dan harganya paling terjangkau. Cobalah pelajari dari kemasan-kemasan produk sejenis yang sudah ada di pasaran.  

Pertimbangkan juga fungsi packaging dari sisi brand dan konsumen ketika membuat kemasan produk. Dari sisi brand kemasan sebagai daya tarik produk, branding dan media promosi. Sedangkan dari sisi konsumen, kemasan harus bisa mempertahankan kualitas produk dengan baik dan memberikan kemudahan konsumen untuk membawa atau menggunakan produk tersebut. 

Contoh, jika produk yang kamu jual berbentuk cairan berarti perlu desain kemasan yang bisa memastikan produk tidak tumpah selama pengiriman. Selain itu, kemasan perlu didesain agar isi produk mudah dikeluarkan dari kemasan ketika akan digunakan.  Nilai plus lainnya, Sobat Shipper bisa menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. 

Baca juga : 7 Cara Membuat Logo Untuk Olshop Mu Laris Manis

3. Buat Desain Kemasan Serba Guna

Sebuah brand bisanya tidak hanya menghasilkan satu produk saja, maka dari itu sebaiknya membuat packaging yang serba guna. Desain kemasan serba guna maksudnya adalah desain bisa digunakan dalam beberapa jenis kemasan berbeda, tapi tetap menampilkan identitas brand dan keunggulan produk dengan baik. Desain kemasan bisa dipakai dalam berbagai ukuran packaging dan digunakan pada berbagai jenis bahan kemasan.

Contoh, produk makanan punya berbagai varian rasa dan ukuran. Desain kemasan serba guna akan memudahkan kamu supaya tidak perlu membuat desain berkali-kali. Sobat Shipper cukup mengedit desain sesuai kebutuhannya saja, seperti ukuran, warna dan informasi rasa. Hal ini tentu bisa menghemat biaya dan waktu dalam hal desain kemasan produk.  

4. Sesuaikan dengan Style Brand Kamu 

Desain packaging yang efektif tidak hanya aman tapi harus memuat identitas produk dengan baik. Identitas produk yang harus ada pada ketika membuat desain kemasan produk adalah nama merek, logo, tagline produk jika ada. Selain itu, warna brand atau warna logo bisa digunakan sebagai pilihan warna pada desain kemasan agar branding lebih kuat. 

Desain kemasan produk yang efektif yaitu bisa membuat produk kamu terlihat menonjol dari produk sejenis. Produk makanan di supermarket tentu sangat banyak, maka perlu strategi agar produk makanan kamu mampu bersaing. Strategi branding seperti promosi di media sosial juga penting. Buatlah pelanggan merasa familiar dengan desain kemasan produk kamu agar ketika melihatnya di toko tidak sulit mengenalinya.   

Identitas brand sangat penting ada dalam desain packaging produk. Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan informasi terkait produk yang dibutuhkan konsumen. Contoh, pada kemasan makanan perlu informasi komposisi dan gizi. Informasi ini membantu meyakinkan konsumen untuk membeli produk kamu.  

Baca juga : 5 Kesalahan Membuat Logo Yang Selalu Dilakukan Pemilik Brand

5. Berikan Pengalaman Unboxing Berkesan pada Pelanggan

Kita semua tahu, peran media sosial sangat kuat dalam branding dan promosi produk. Sobat Shipper bisa memanfaatkan desain kemasan sebagai media promosi hemat tanpa perlu membuat iklan mahal. Buatlah para pelanggan dengan suka rela melakukan promosi produk kamu dengan cara membagikan pengalamannya menggunakan produk kamu di media sosial, youtube atau blog. 

Kualitas produk yang baik sangat penting untuk membuat pelanggan berbagi pengalamannya. Selain itu, saat ini sedang ramai tren unboxing produk. Jadikan ini kesempatan bagus untuk meningkatkan branding dan promosi secara organik. Berikan pengalaman unboxing berkesan pada pelanggan. Desain kemasan yang kreatif, rapi dan aman akan menjadi media branding dan promosi yang efektif.   

Tips untuk memberi pengalaman unboxing berkesan pada pelanggan: 

  • Memberi kartu ucapan tulisan tangan dengan menyebut nama pelanggan. 
  • Menambah ornamen unik seperti pita atau stiker di packaging delivery.
  • Memberi bonus berupa tester produk baru atau suvenir.

Sobat Shipper, membuat kemasan produk yang aman memang penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jangan lupakan faktor pendukung lain yaitu pilihan jasa pengiriman yang terpercaya. Pastikan kemasan produk dan isi produk tetap terjaga dengan baik selama proses pengiriman barang ke pelanggan. Maka dari itu, Sobat Shipper perlu pilih layanan pengiriman yang berkualitas. 

Yuk, bekerja sama dengan Shipper untuk mendukung pengiriman barang yang aman kepada pelanggan! Shipper menyediakan jasa pengiriman barang terpercaya untuk kamu. Banyak layanan dan keuntungan yang Shipper tawaran kepada Sobat Shipper. Di antaranya gratis antar jemput dan melayani pengiriman internasional. Apa lagi keunggulan Shipper? Klik link https://shipper.id/ untuk info selengkapnya, ya! 

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.