6 Cara Melakukan Rebranding Bisnis Agar Semakin Lancar

Branding09 November 2022
ketahui-apa-itu-rebranding-dalam-bisnis

Kamu yang sudah lama menjalankan bisnis pasti familier dengan rebranding. Rebranding adalah perubahan yang diterapkan pelaku bisnis atau usaha terhadap imej mereka. Langkah ini pun dianggap sebagai strategi yang bakal menghasilkan identitas baru buat menjaring konsumen lebih banyak.

Namun, seperti branding, cara melakukan rebranding harus memperhatikan kondisi dan situasi. Lalu, kapan sebaiknya kamu memulai perubahan tersebut?

1. Brand tak lagi mencerminkan visi

Alasan yang satu ini menjadi faktor penentu paling umum yang diambil perusahaan untuk rebranding. Ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan agar brand bisa mencerminkan visi yang dibawa sebuah bisnis atau usaha. Rebranding adalah langkah yang relatif fleksibel, sehingga kamu bisa mengubah imej lewat logo, tagline, maupun komposisi warna. Dengan catatan sudah ada riset dan perencanaan matang untuk mencegah kesalahan yang sama.

2. Berupaya menaikkan harga produk

Dalam tip rebranding bisnis, harga dapat mendorong perombakan brand. Langkah ini aman diambil apabila harga pasar untuk barang atau jasa yang kamu sediakan stagnan atau susah naik meski ada kenaikan biaya bahan baku. Dengan rebranding, produk yang kamu tawarkan diharapkan dapat tampil lebih menarik di mata konsumen tanpa melepaskan fungsi dan manfaat. Konsumen juga tak akan memusingkan harga selama produk mampu memenuhi kebutuhan.

3. Terus disamakan dengan kompetitor

Rebranding adalah upaya penting yang sebaiknya kamu laksanakan saat konsumen terlalu sering menyamakan brand dengan kompetitor. Hal tersebut jelas mengganggu, karena kamu tak akan maksimal menyampaikan pesan dan mencapai target yang sudah dipasang. Analisis apa saja faktor penyebab yang membuat brand kamu kerap dibandingkan dengan pesaing, lalu terapkan perubahan yang bakal membedakannya saat diperkenalkan kembali di pasar.

Baca juga: Intip Trend Pengemasan Kue yang Lagi Hits Berikut Ini!

4. Perubahan model dan strategi bisnis

Selanjutnya, cara rebranding bisnis dapat kamu lakukan saat ada perubahan model atau strategi yang berpengaruh besar terhadap keberlangsungan produk di pasar. Pergeseran tren di pasar adalah faktor utama yang biasanya mengubah model dan strategi, jadi kamu bisa mulai riset dari sini sebelum memulai rebranding. Ingat, rebranding adalah perubahan yang sifatnya diharapkan berjangka panjang, sehingga kamu tak boleh sembarangan menerapkan strategi atau model baru.

5. Menepis citra negatif dari brand

Riset yang kurang mendalam atau rencana mentah kadang menimbulkan citra negatif pada brand. Sebelum semakin memburuk, kamu bisa gunakan rebranding produk untuk menyelamatkan bisnis. Cek penyebab munculnya imej yang kurang baik di mata konsumen, lalu siapkan metode yang bisa membantu brand muncul dalam citra yang lebih positif. Membiarkan brand terlalu lama berkubang dalam kesan negatif bakal berdampak juga pada profitmu.

6. Akuisisi atau merger dengan bisnis lain

Rebranding adalah langkah yang biasa ditemukan dalam akuisisi atau merger bisnis. Langkah tersebut bertujuan untuk mengembangkan bisnismu dengan partner baru sebagai sebuah entitas baru. Memang bukan hal mudah pada awalnya, karena kamu mungkin saja punya perbedaan strategi dan target. Namun, tanpa rebranding, brand yang dilahirkan dari akuisisi tersebut terancam tak mampu bersaing di tengah persaingan ketat.

Agar upaya rebranding semakin sukses, jangan lupa tingkatkan pelayanan terhadap konsumen, ya. Dari segi pengiriman barang, misalnya, kamu bisa ajak Shipper buat bekerjasama untuk menciptakan citra yang baik sekaligus meningkatkan reputasi bisnis. Kira-kira sebaik apa jasa shipping yang sudah Shipper tawarkan? Kunjungi langsung situs mereka di https://shipper.id, ya!

Baca juga: Bisnis Produk Kecantikan Menjadi Trend Populer Bisnis Anak Muda

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.